Penjelasan Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 59

Al-Qur'an, 23 Agustus 2013

Pertanyaan:

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pak Ustadz, saya ingin dijelaskan kembali

Pada surat An-Nisa ayat ke 59 yang artinya:

Hai orang orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

pada ayat tersebut dijelaskan ada tiga yang harus ditaati yaitu allah, rosul dan ulil amri. Pertanyaan saya, saya membaca salah satu artikel di blog seorang muslim yang masuk kristen dan dia menganggap ayat itu sebagai Trinitas pada alkitab atau ajaran nasrani, saya heran dan gak habis pikir, tetapi mungkin hanya allah yang bisa membolak-balikkan hati seseorang akan hidayah Allah, tolong terangkan kembali makna ayat tersebut agar dapat diambil penafsiran yang tidak salah untuk saya pribadi ataupun untuk saudara-saudara semuslim lainnya.

terima kasih atas tanggapan dan penjelasannya

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


-- Rully (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ayat ke-59 dari suroh Annisa' tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan trinitas, aqidah dalam ajaran agama Islam sangatlah amat  tegas dan jelas, bahwa Allah itu Esa, dan sedikit saja ada campuran/kesyirikan/menduakan Allah, maka sudah tidak lagi diterima, bahkan termasuk dosa besar dalam Islam ( QS. 6:82 / 4:48 dan 116 )

Ayat tersebut, hanyalah menjelaskan tentang " kepada siapakah orang muslim itu harus taat ?", dan ayat tersebut menjelaskan, bahwa  ketaatan dalam Islam itu yang mutlak (tidak boleh ditawar-tawar) hanya kepada Allah dan Rasul-Nya, sementara ketaatan pada ulil amri tidaklah mutlak, ketaatan kepada mereka hanyalah ketika mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA