Perhitungan Nama

Pernikahan & Keluarga, 4 Oktober 2008

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum. Apakah ada perhitungan untuk nama? Nama anak saya Muhammad Farhan Ramadhan. Saya dengar info, nama dari anak saya mempunyai sifat yang keras. Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum.


-- Andi (Jombang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr wb.

Nama adalah sebuah harapan, artinya dengan memberikan nama yang baik, kita berharap agar Allah berkenan memberikan kebaikan kepada anak kita sesuai dengan nama yang kita berikan padanya. Dari itulah Rasulullah - shallallahu 'alaihi wasallam - menganjurkan kepada kita untuk memberikan nama yang baik untuk anak-anak kita.

Karena itu sekedar harapan atau do'a, sementara yang mengabulkan harapan atau doa tersebut hanyalah Allah, maka kita tidak bisa menentukan atau mengetahui apa yang akan Allah  berikan di kemudian hari, karena itu adalah perkara yang ghaib yang hanya diketahui oleh Allah saja.

Dan untuk itulah,  sifat yang akan dimiliki oleh seseorang itu tidak bisa dikaitkan langsung dengan nama yang diberikan pada anak tersebut, artinya dengan memberikan nama yang demikian tidak otomatis bahwa anak tersebut akan bersifat demikian, karena sekali lagi yang bisa menentukan dan mengetahui sesuatu yang akan datang itu hanya Allah saja.

Dan untuk itu pula, info yang bapak dengar perihal sifat keras yang akan dimiliki anak bapak yang dikaitkan dengan namanya tersebut tidak benar dan tidak boleh dipercaya.

Wallahu a'lam bishshawab. Wassalamu 'alaikum wr wb.



-- Agung Cahyadi, MA