Kewajiban Menjaga Orang Tua Itu Untuk Laki-laki Atau Perempuan

Akhlaq, 31 Juli 2015

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad,,
memfasilitasi dari pertanyaan teman saya tentang apakah kewajiban bagi anak laki-laki atau perempuankah dalam mengurusi orangtua itu?

wassalam

-- Sohibah (Bengkalis)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Diantara dasar hukum yang dijadikan landasan bagi wajibnya anak menjaga dan mengurus orang tuanya adalah :

Allah Ta’ala berfirman, artinya, “…dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan «ah» dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.” (QS. Al-Israa’: 23-24)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sungguh merugi, sungguh merugi, dan sungguh merugi orang yang mendapatkan kedua orang tuanya yang sudah renta atau salah seorang dari mereka kemudian hal itu tidak dapat memasukkannya ke dalam surga.” (HR.Muslim)

Dan kedua dalil tersebut diatas, tidak membedakan apakah anak tersebut laki-laki atau perempuan, artinya bahwa setiap anak ( baik laki-laki atau permpuan ) mempunyai kewajiban yang sama untuk mengurus dan menjaga orang tuanya, sehingga ketika ada orang tua yang mempunyai anak yang jumlahnya lebih dari satu dan berjenis kelamin berbeda-beda, hendaknya dimusyawarahkan bersama perihal cara bagi-bagi kewajiban mereka terhadap orang tuanya sesuai dengan kesempatan dan kemampuan mereka Demikian, semoga allah senantiasa berkenan untuk memberikan kemudaha, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA