Bid'ah

Lain-lain, 14 September 2015

Pertanyaan:

Apakah yg di maksud bid'ah dolallah dan bid'ah hasanah

-- Muhamad Bukhari (Jakarta Selatan)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb. 

Bid’ah : adalah setiap bentuk penyimpangan yang diyakini oleh pencetus, penganut atau pelakunya sebagai bagian dari ajaran Islam, dan juga setiap amal yang dianggap syar’i dan diniatkan sebagai bentuk ibadah kepada Allah, tanpa adanya dasar yang dibenarkan dalam syariat Islam. Dan hal itu baik berupa keyakinan, pemikiran, amal perbuatan, perkataan, ataupun tindakan meninggalkan sesuatu (dengan niat ibadah).

Dari definisi bid'ah tersebut, mestinya tidak ada yang namanya bid'ah hasanah, karena bid'ah itu adalah penyimpangan. Dan tentu tidak ada yang namanya penyimpangan itu hasanah/baik.

Dan oleh karena bid'ah itu adalah penyimpangan, maka dia sangat disukai oleh iblis, sebagaimana disampaikan oleh seorang ulama' sebagai berikut : 

 ”Bid’ah itu lebih disukai oleh Iblis daripada kemaksiatan, karena bertaubat dari kemaksiatan itu secara umum lebih mudah daripada bertaubat dari bid’ah” (Ulama Salaf, dikutip oleh Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam ”Ad-Daa’ wad-Dawaa’”).

Tetapi oleh karena arti BID'AH secara bahasa adalah sesuatu yang baru, maka barangkali yang dimaksud dengan bid'ah hasanah ( sebagaimana pembagian bid'ah menurut sebagian Ulama' ), adalah sesuatu yang baik dan sunnah yang baru dihidupkan kembali, setelah ditinggalkan oleh ummat dalam waktu yang lama, seperti berjama'ah dalam shalat tarwih yang dihidupkan kembali oleh khalifah Umar bin Khattab. setelah ditinggalkan oleh para shahabat dalam waktu yang cukup lama, 

Demikian, semoga Allah senantiasa membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA