Harta Halal Yang Bercampur Dengan Harta Haram

Lain-lain, 29 Desember 2016

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.
Pak saya mau bertanya, ketika saya migrasi listrik atau perubahan daya dari 450v ke 1300v, pegawai pln nya mengecek meteran yg ada didepan rumah saya, kata pegawainya itu “maaf pak, mcb listrik yg aslinya dari pln ada pak, mcb yg bapak gunakan bukan asli dari pln tapi dari toko bapak harus ke kantor utk sidang”. Dan memang dulu sebelum saya migrasi listrik org tua saya pergi ke pegawai pln yg pegawainya berbeda dari skrg, untuk menambah daya listrik, tapi oleh pegawai itu malah diotak-atik diganti mcb yg asli dgn yg ditoko sdgkn org tua saya buta masalah listrik kemudian mcb aslinya dibawa oleh pegawai itu.
Nah skrg keluarga saya yg kena getahnya, tapi tiba2 itu pegawai pln yg bilang ke keluarga saya yg harus sidang, tiba2 dia melakukan pemasangan listrik perubahan daya dan setelah terpasang dia bilang ” pak gini saja bapak bayar saya 50rb nanti saya akan carikan mcb yg asli”. Kemudian bapak saya membayarnya 50 rb supaya dicarikan mcb yg asli karena kalau sidang dikantor pln mungkin didenda sampai jutaan.
Saya kan penjual es krim pak menggunakan listrik itu, apakah uang yg saya dptkn dari usaha saya itu halal pak?sedangkan modal utk freezer dan bahan2 es krim seingat saya halal, cuma yg bermasalah listrik yg saya ceritakan diatas dan kejadian ini sudah 6 bulan yg lalu dan usaha es krim saya sudah kira2 5 bulanan. Dan apakah saya berdosa jika saya terus-menerus menggunakan listrik itu utk usaha saya?
Terima kasih sebelumnya.

Wassalamu’alaikum.

-- Hamba Allah (Ciamis)

Jawaban:

wswrwb
melihat penuturan anda, anda tertipu oleh pegawai pln yang pertama dan pegawai pln kedua dengan penjelasannya yang belum tentu bisa dipercaya. yang pasti hak anda untuk mendapatkan mcb yang asli ,jadi in sya ALLAH.... anda pihak yang dizalimi...Maka kesalahan bukan tanggungan anda sekeluarga....
Semoga keberkahan selalu bersama anda sekeluarga.
WaLLAHU a'lam

-- Selamet Junaidi