Apakah Ada Harta Gono Gini?

Waris, 28 Januari 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum, apabila suami meninggal, warisnya istri, anak laki-laki dan perempuan, apakah untuk bagian istri harta warisan tersebut dibagi 2 terlebih dahulu (krn harta gono gini?)kemudian sebahagian lagi baru dibagi-bagi kepada ahli waris (istri dan anak-anak), atau harta warisan tersebut langsung seutuhnya dibagi-bagi kepada ahli waris? Jazakumullah

-- Reza (P. Brandan Langkat SUMUT)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Di dalam agama Islam tidak ada istilah harta gono gini, tetapi masing-masing ( suami dan istri) memiliki hak atas hartanya sendiri-sendiri.

Oleh karena itu, apabila suami meninggal, maka semua harta yang ditingalkan suami ( setelah dambil untuk perawatannya, membayar hutang-hutangnya, dan wasiatnya maksimal 1/3) menjadi hartavwarisan yang harus segera dibagi kepada seluruh ahli warisnya.

Kalau ahli hanya istri dan anak-anak (ada yang laki dan perempuan), pembagia harta warisa dari suami tersebut adalah sebagai berikut :

Istri mendapatkan 1/8

Anak-anak mendapatkan sisanya yaitu 7/8, dengan cara pembagian 2;1 ( laki-laki mendapat 2 bagian, dan anak perempuan mendapatkan 1 bagian )

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan untuk membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb. 



-- Agung Cahyadi, MA