Mandi Wajib

Lain-lain, 1 Maret 2017

Pertanyaan:

Ass, saya mau tanya jika suami bercumbu mencium, memeluk smpai memegang kelamin tp dari luar celana dengan istrinya, tapi tidak sampai mengeluarkan mani, apa harus mandi wajib ?

-- Pena (Bandung)

Jawaban:

Wswrwb
Bu Pena yang diramati ALLAH SWT

Kalau sekedar bercumbu dan kemaluan suami tidak dimasukkan ke vagina istri, tidak wajib mandi.

Wajib mandi itu bila:
1. Pertemuan dua kemaluan antara laki-laki dan perempuan (jima’)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda,”Apabila seseorang duduk diantara anggota tubuh perempuan yang empat, maksudnya; diantara dua tangan dan dua kakinya kemudian menyetubuhinya maka wajib baginya mandi, baik mani itu keluar atau tidak.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”Apabila dua kemaluan telah bertemu maka wajib baginya mandi. Aku dan Rasulullah saw pernah melakukannya maka kami pun mandi.” (HR. Ibnu Majah)

2. Keluarnya mani.
Diriwayatkan dari Abu Sa’id berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Mandi diwajibkan dikarenakan keluar air mani.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Ummu Salamah bahwa Ummu Sulaim berkata,’Wahai Rasulullah sesungguhnya Allah tidak malu tentang masalah kebenaran, apakah wanita wajib mandi apabila dia bermimpi? Nabi saw menjawab,’Ya, jika dia melihat air.” (HR. Bukhori Muslim dan lainnya)

WaLLAHU a'lam

-- Selamet Junaidi