Hutang Dan Haji

Haji & Umrah, 16 April 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ust.
afwan saya ingin bertanya.

Saya mempunyai banyak hutang pada saudara saya. Hutang itu belum juga bisa saya bayar bahkan justru bertambah, karena kebutuhan biaya hidup seperti biaya sekolah anak2, rumah kontrakan dan beberapa kebutuhan pokok lainnya yg membuat saya terdesak meminjam uang pd saudara saya itu yg kebetulan dia satu-satunya saudara saya yang sangat kaya, sekarang saya sudah tidak berani lagi dan berjanji untuk tidak meminjam uang karena mendapatkan peringatan dari saudara saya tersebut bahwa tidak akan bisa masuk syurga jika saya tidak berniat mencicil hutang, tapi kondisi saya benar-benar tidak bisa mencicil (bayar) hutang2 itu setiap hari doa saya agar Allah memberikan saya pertolongan agar bisa bayar hutang.

Tepatnya kemarin, saudara saya tempat saya berhutang tersebut menghubungi saya. Menawarkan hadiah haji untuk saya sendiri (tanpa suami) dan dia juga memberikan hadiah haji itu pd kakak laki-laki sy dg maksud agar saya ttp ada mahrom nya. Yang ingin saya tanyakan pada Ustadz. Apakah boleh saya meminta pada saudara saya tersebut agar hadiah haji yang akan diberikan kepada saya itu saya tukar dengan membebaskan saya dari hutang2 kepadanya. Jumlah biaya haji jauh lebih banyak dari pada jumlah hutang saya.
Jadi intinya :
1. bolehkah saya mendahulukan agar terbebas dari hutang kepadanya daripada mengambil tawaran hadiah panggilan haji itu?
2. Apakah saya berdosa menolak hadiah haji tersebut? Dengan alasan agar saudara saya ikhlas membebaskan saya dari hutang saya pdnya?
3. Apakah saya termasuk orang yang dzolim karena tidak memenuhi peluang untuk menunaikan kewajiban rukun islam kelima tersebut?

Mohon penjelasan Ustadz. Jazakalah Khairan.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



-- Rumi (Serang )

Jawaban:

Wswrwb
Saudara Rumi yang dirahmati ALLAH

. Karena hadiah haji dan hutang itu dari saudara anda, subhanaLLAH baik sekali saudara anda sudah memberi hutangan malah dihadiahi haji...anda terima saja tawaran haji itu karena saya yakin masalah hutang pasti ia ringankan buat anda bahkan saatnya nanti dibebaskan

Ini karunia ALLAH untuk anda...ambil peluang ini. Nanti di masjidil Haram dan Nabawi, doakan saudara anda agar rizqinya dilapangkan dan he he he semoga hutang anda dibebaskan.. Yakinlah dan pandai pandailah bersukur kepada ALLAH... dan usahakan berilah balasan semampunya pada saudara anda itu..minimal dengan doa

WaLLAHU a'lam



-- Agung Cahyadi, MA