Bisakah Berinfaq Untuk Orang Lain?

Fiqih Muamalah, 20 Februari 2008

Pertanyaan:

Ustadz, saya ingin bertanya. Kalau infaq diatasnamakan orang lain, orang tua atau saudara, apakah bisa? Apakah pahalanya bisa sampai pada orang lain tersebut? Jazakumullah atas jawabannya.

-- Fauzi (Surabaya)

Jawaban:

Para ulama membagi ibadah menjadi tiga. Pertama, ibadah fisik, seperti shalat dan puasa. Untuk ibadah jenis ini, para ulama sepakat tidak boleh diwakilkan. Untuk itu tidak boleh seseorang mengatakan, misalnya: “Saya mengantuk, tolong shalatkan” atau “Saya lapar, tolong dipuasakan”.
Kedua, ibadah materi, seperti infaq, shadaqoh, dan berkurban. Untuk ibadah jenis ini, mayoritas ulama berpendapat boleh diwakilkan. Oleh karenanya diperbolehkan seseorang mengatakan: “Saya berinfak atas nama orangtua atau atas nama Fulan”, atau mengatakan: “Saya berkurban atas nama Fulan”. Hal ini didasarkan pada beberapa hadits Rasulullah saw, diantaranya hadits berikut: “Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah saw, sesungguhnya ibuku telah meninggal. Apakah bermanfaat untuknya apabila aku bershadaqoh atas namanya?” Rasulullah saw menjawab, “Ya.” (HR. Abu Dawud). Dan juga hadits berikut: “Rasulullah saw pernah berkurban dengan dua kambing yang gemuk, satu atas nama umatnya dan yang kedua atas nama dirinya dan keluarganya.” (HR. Ibnu Majah)
Ketiga, ibadah gabungan antara fisik dan materi, seperti haji. Ibadah jenis ini, menurut mayoritas ulama boleh diwakilkan, dengan syarat yang diwakili dalam kondisi tidak mampu melaksanakan haji dan yang mewakili harus sudah pernah haji atas nama dirinya. Ini didasarkan pada beberapa hadits, diantaranya: “Bahwa ada seorang wanita dari Juhainah datang kepada Nabi saw dan berkata, ‘Ya Rasulullah, sesungguhnya ibuku bernadzar untuk haji, kemudian beliau mati sebelum haji. Bolehkah aku menghajikannya?’ Rasulullah menjawab, “Ya, hajikan dia.” (HR. Bukhari dan Nasai)
Dari penjelasan tersebut diatas dapat disimpulkan, bahwa berinfaq atas nama orang lain itu boleh, dan karenanya insya Allah pahalanya pun sampai.


-- Agung Cahyadi, MA