Doa Dan Amalan Ketika Istri Hamil.

Dzikir & Doa, 25 Juli 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Selamatpagi ustad, Alhamdulillah sekarang kami dikaruniai seorang anak. Sudah 3 bulan. Saya bertanya adakah do'a/amalan khusus ayah terhadap istri yang sedang hamil agar anak dan ibu diberi kelancaran sampai persalinan dan lahir sehat nanti ustad? Dan juga agar menjadi anak yang Sholeh/Sholehah, selalu dijalan yang diridhoi Allah SWT. Amin.

Terimakasih.



-- Bambang Margiono (Surabaya)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

ٍSaudara Bambang Margiono yang dirahmati ALLAH SWT

Tidak ada doa khusus bagi ibu hamil. Yang paling dibutuhkan adalah kondisi ibu hamil harus tenang karena kondisi ini menyatu dengan anak yang di dalam kandungan. Banyaklah berdzikir , ibadah yang khusu' dan membaca Al Qur'an. ALLAH menjamin:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلاَّ خَسَاراً

Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82).

Disarankan minimal mengamalkan:

 

  • Perbanyak dzikir dan Istighfar. Sebelum dan sesuda sholat 5 waktu perbanyaklah dzikir dan itighfar yaitu ucapan” Astaghfirullaah wa atuubu ilaihi.
  • Membaca Surah Al-Fatihah. Amalan ini memiliki keutamaan sebagai ruqyah, untuk mengobati segala penyakit dan kesusahan. Boleh dibaca satu kali, tiga kali, tujuh kali, atau lebih.
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Masing-masing dibaca 3 kali di pagi hari, sore hari, dan menjelang tidur.
  • Membaca ayat Kursi, yakni ayat 255 pada surat Al-Baqarah. Baik dibaca satu kali di pagi dan sore hari, menjelang tidur, dan saat dzikir setelah shalat fardhu.
  • Membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286. Baik dibaca satu kali di sore hari atau menjelang tidur. Membaca ayat ini insya Allah akan menjaga dan melindungi Anda dari segala gangguan.
  • Membaca 5 ayat pertama dari surat Al-Baqarah.
  • Banyak membaca kalimat, “Laa haula walaa quwwata illaa billaah” yang artinya, “Tiada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan Allah.”
 

Semoga bunda dikarunai anak yang sholeh dan berbakti kepada Orang Tua, Juga Taat Pada ajaran Agama. . amien

Demikian amalan-amalan yang baik dilakukan bunda pada saat menjalani masa kehamilan. Semoga amalan untuk ibu hamil ini bermanfaat.

WaLLAHU a'lam



 



-- Selamet Junaidi