Syarat Melaksanakan Ibadah Haji

Haji & Umrah, 3 Agustus 2017

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Ustadz. Saya mau tanya tentang syarat orang yang mau ibadah haji. Di lingkungan saya setiap orang yang mau berhaji selalu mengundang tetangga, kerabat dll kerumah yang mau berhaji dengan acara mau pamitan haji. Dalam hal ini sebenarnya bagaimana sih yang benar tata cara orang mau berhaji menurut / yang sesuai dengan tuntunan Islam ? Mohon penjelasannya pak Ustad dan sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas.

Wassalam



-- Isnawan Widodo (Yogyakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Kebiasaan yang mentradisi di sebagian masyarakat, dengan mengadakan walimah haji sebelum berangkat untuk pamitan kepada kerabat dan tetangga adalah kebiasaan yang tidak ada tuntunan dalam Islam dan tidak pernah dicontohkan oleh para pendahulu yang sholih, Tetapi apabila diadakan dengan cara yang tidak bertentangan dengan aturan Islam, in syaa Allah hukumnya boleh dan tidak terlarang (dengan tidak berlebihan dan tidak dianggap itu adalah sunnah).

Adapun tuntunan sunnah bagi yang mau bepergian baik untuk haji atau tidak, adalah berpamitan kepada tetangga dan kerabat untuk saling mendoakan dengan tidak menyelenggarakan walimah

Demikian, semoga Allah senantiasa berrkenan untuk memberi kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA