Suami Tidak Suka Dengan Keluarga Saya

Pernikahan & Keluarga, 7 Agustus 2017

Pertanyaan:

Assalamu' alaikumwarahmatullahi wabarakatuh

Ustadz yang dirahmati oleh Allah SWT, Perkenalkan saya wanita muslimah umur 23 tahun, saya baru satu tahun menikah dan mempunyai 1 orang anak yang berumur 3 bulan. Saya mau bertanya apa yang harus saya lakukan jika suami saya memusuhi ibu saya, dan dia tidak suka dengan orang tua saya, alasannya karena ibu saya sering minjam uang saya, tapi ustadz ibu saya selalu mengembalikan uang yang beliau pinjam, 

Saya pernah menasehati dan menjelaskan semuanya kepada suami, tapi suami selalu berpikir kalau orang tua saya memanfaatkan uang saya. Padahal tidak seperti itu.

Apalagi ibu saya mengetahui kalau suami saya tidak suka dengan beliau, dan mertua saya pun membela suami saya yang seperti itu, 

Sampai suatu hari ibu saya menangis sejadi - jadinya karena beliau ngobrol dengan mertua saya dan mertua saya bilang kalau ibu saya makan uang kami karena itulah yang beliau dengar dari cerita suami saya.

Padahal tidak seperti itu ustadz. Dan suami selalu membatasi saya untuk bersilaturahmi dengan saudara saya. Maaf ustadz apa boleh saya minta cerai, dengan alasan seperti itu, apakah saya berdosa karena lebih memikirkan orang tua saya.

Karena saya tidak sampai hati ustadz melihat suami mertua menyakiti ibu saya.

Terimakasih ustadz mohon bantuannya.

Assalamu' alaikumwarahmatullahi wabarakatuh 



-- Aristi (Bengkulu)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bu Aristi yang dirahmati ALLAH SWT.

Mis komunikasi nampaknya sangat mendominasi permasalahan yang menimpa keluarga ibu. Jangan langsung memutuskan memihak ibu dan ini dan itu.

Keluarga itu seperti sekolah,tempat menimba ilmu baru, menempa mengalaman baru dan pembinaan diri agar lebih sempurna kepribadian Islamnya.

Masalah uang, ini uang anda atau uang suami? Kalau uang dari suami maka anda harus bermusyawarah dengan suami. Tapi kalau itu uang anda sendiri seharusnya suami mendukung  kalau istrinya menggunakannya untuk kebaikan yang insya ALLAH kebaikan itu bisa berdampak positif bagi kebahagiaan keluarga anda.

Bicarakan dengan baik-baik persoalan ini karena ini termasuk masalah kecil sekali , apalagi ibu andaselalumengembalikannya.

Berusahalah anda untuk hormat pada suami dan tetap bisa berbuat baik pada ibu.

Semoga anda tetap tenang dan sabar serta bangunlah rumah tangga anda yang sakinah dengan kominikasi yang baik dan saling menghargai.

Semoga ALLAH SWT memudahkan langkah-langkah anda untuk meniptakan keluarga yang bahagia atau sakinah

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi