Cara Menghadapi Orang Tua

Lain-lain, 7 Agustus 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, saya mau bertanya bagaimana cara mengingatkan orang tua saya yaitu ibu saya yang dia adalah seorang janda karena ayah saya sudah meninggal 2 tahun lalu. Saat ini beliau berencana untuk menikah dengan seorang pria yang tempramen dan jauh dari agama sampai setiap kali dia marah kepada ibu saya dia selalu membanting barang barang di rumah kami. Padahal saat ini beliau belum menjadi suaminya ibu saya. Dan laki laki itu sudah tinggal di rumah kami selama beberapa bulan terakhir bersama ibu dan kedua adik perempuan saya.. dan saya sudah bersuami dan tinggal di jakarta dengan suami saya.

saya sudah berusaha mengingatkan dan hasilnya malah membuat hubungan saya dan beliau menjadi kaku. mohon jawabannya ustadz bagaimana untuk saya menghadapi ibu yang saya cintai dengan kondisi seperti ini.. sejujurnya saya kecewa dan tidak setuju dengan laki laki tersebut.. mohon doakan agar ibu saya mendapat hidayah dan suami yg soleh dari allah subhanahuwata'ala .



-- Windri (Jakarta)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله ويكاته

Bu Windri yang dirahmati ALLAH SWT.

Sungguh mulia anda yang menginginkan kebahagiaan bagi ibunda tercinta. Membaca keterangan anda tentang calon suami ibu yang tidak anda setujui. Memang bermasalah sekali: dia sudah serumah padahal belum menikah dan di sana ada 2 adik perempuan anda.

Apakah anda sudah menanyakan pendapat kedua adik perempuan anda? setuju atau tidak kalau ibu menikah dengan lelaki seperti itu? Jadi penolakan ini buka dari anda saja, akan lebih kuat beserta adik anda.

Yang paling penting demi menjaga hubungan baik anda dengan ibu, coba minta bantuan paman atau bibi anda untuk mengkomunikasikan keinginan anda dan kedua adik anda.

Semoga ibu akan lebih mudah menerima saran tentang calon suaminya.

Semoga ALLAH SWT selalu memudahkan urusan anda sekeluarga terutama ibunda dalam rangka mewujudkan keluarga Islmi yang selalu mendapat rahmat ALLAH.

WaLLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi