Tentang Syariat Qurban

Aqidah, 4 September 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga rahmat Allah tetap tercurahkan untuk ustadz dan seluruh tim konsultasi syariah.net. Ustadz saya punya pertanyaan terkait hari raya qurban yang beberapa hari yang lalu dilaksanakan oleh umat islam. Ketika umat islam bersuka ria dengan perintah berkurban saya justru merasa sangat ketakutan ustadz. Saya merasa sangat kasihan dengan hewan-hewan yang akan disembelih itu. Sampai sekarang gara-gara hal tersebut saya tidak makan daging. Apakah saya sudah berdosa besar ustadz dengan apa yang saya lakukan. Saya sama sekali tidak meragukan syariat qurban sebagai syariat yang mulia tapi entah kenapa setiap melihat hewan akan disembelih muncul perasaan kasihan dalam diri saya terhadapa hewan-hewan itu sampai-sampai saya tidak mau makan dagingnya? Apa yang harus saya lakukan ustadz. Saya bingung dengan apa yang saya alami ustadz. Mohon penjelsannya. Wassalamualaikum warahmatullah. Terimakasih atas jawaban yang diberikan.



-- Muhammad Supriyanto (Pasuruan)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Muhammad Supriyanto yang dirahmati ALLAH SWT

Perasaan anda bagus, manusiawi ketika melihat hewan disembelih timbul kasian. Tapi letakkan pada tempatnya artinya gunakan perasaan itu secara benar. imbangi dengan menimbulkan perasaan bahwa hewan-hewan yang diqurbankan itu senang ternyata ia diqurbankan secara syar"i, desembelih kemudian dimakan yang membuat orang senang dan sehat. Kehadiran hewan itu memberi manfaat.

Tapi bandingkan dengan qurban yang tidak syar'i alias syirik, ditebas seenaknya , bahkan ditusuk tombak kemudian dibuang percuma tidak dikonsumsi, nah ini yang patut dikasihani nggih.

Kasihan lagi kalau para peternak hewan rugi besar karena tidak ada yang mau menyembelih hewan dan memakan dagingnya....he he

Kuatkan diri anda untuk melihat penyembelihan itu lagi dan sekarang makan dagingnya. Anda dudukkan ketaatan kepada ALLAH lebihn tinggi dari sekedar perasaan anda,

Ingat pula ALLAH ciptakan segala yang ada ini termasuk hewan untuk dimanfaakan manusia:

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا

" Dialah yang menciptakan untuk kalian semua yang ada di bumi ini" ( QS. Al Baqarah: 29 )

Atasi perasaan anda segera.in sya ALLAH berhasil! 

WaLLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi