Nafkah Batin

Pernikahan & Keluarga, 18 September 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum pak Ustadz... saya mau bertanya sebenarnya apakah wajar jika istri meminta nafkah batin kepada suami tetapi sering ditolak suami? Mungkin hanya diberi dalam 1 bulan hanya 1-2 kali dan lebih sering istri yg meminta sedangkan suami jarang atau hampir tidak pernah. Alasannya karena lelah, tidak ada mood, menyalahkan istri kalau membuat moodnya jadi jelek atau tingkah istri yang membuat suami menjadi marah sehingga tidak mau memberikan nafkah batin.

Saya juga mau tanya hukumnya secara Islam apakah perlakuan seperti ini tidak apa2? Wajarnya berapa kali kewajiban suami memberi nafkah batin tiap bulannya?

Mohon masukannya. Mungkin sekian pertanyaan dari saya. Terima kasih



-- Hamba Allah (Depok)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudari hamba ALLAH yang dirahmati ALLAH SWT.

AlhamduliLLAH anda sebenarnya sudah menenemukan jawaban dari persoalan anda. Tidak perlu divonis siapa yang paling bersalah.

Kondisi hati sangat menentukan gerak aktifitas tubuh termasuk seksualitas. Semoga anda sebagai istri benar-benar menjaga sikap dan prilaku juga kalimat -kalimat yang terlontar kepada suami. Tunjukkanlah penampilan yang menarik dan sifat kasih sayang serta kelembutan kepadanya. Atau bertanyalah kepadanya, apa saja yang bisa membuat anda bisa menarik baginya. Jadilah lebih penyabar dan lembut dalam berbicara apalagi menegur suami ketika beliau salah. Ini sangat menjaga kenyamanan dan keindahan suasana hati suami dan ketertarikan suami kepada anda. Teruslah berusaha dan berdoa

Semoga anda bisa menjalaninya dengan sabar.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi