Jika Sedang Haid Apakah Boleh Menggunting Kuku?

Aqidah, 24 Oktober 2017

Pertanyaan:

assalamualaikum, ustadz saya mau tanya. Jika sedang menstruasi apakah boleh untuk menggunting kuku atau memotong rambut? Dan ketika sedang menstruasi jika rambut yang rontok itu harus di kumpulkan kemudian di cuci ketika selesai menstruasinya lalu di buang. Apakah betul seperti itu? 

Terimakasih pa ustadz. 



-- Yuke Mutiara Azhaar (Bandung)

Jawaban:

وعليكم السلا ورحمة الله وبركاته

Disebutkan dalam hadis dari A’isyah, bahwa ketika Aisyah mengikuti haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sesampainya di Mekkah beliau mengalami haid. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya,

…..دعي عمرتك وانقضي رأسك وامتشطي

“Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan ber-sisir-lah…” (HR. Bukhari 317 & Muslim 1211)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan A’isyah yang sedang haid untuk menyisir rambutnya. Padahal beliau baru saja datang dari perjalanan. Sehingga kita bisa menyimpulkan dengan yakin, pasti akan ada rambut yang rontok. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyuruh A’isyah untuk menyimpan rambutnya yang rontok untuk dimandikan setelah suci haid.

Ini menunjukkan bahwa rambut rontok atau potong kuku ketika haid hukumnya sama dengan kondisi suci. Tidak ada kewajiban untuk memandikannya bersamaan dengan mandi haid. Jika hal ini disyariatkan, tentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akan jelaskan kepada A’isyah agar menyimpan rambutnya dan memandikannya bersamaan dengan mandi haidnya.

 WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi