Hukum

Lain-lain, 26 Oktober 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb. Saya seorang laki-laki yang sudah punya anak dan istri. Namun diluar sana saya kenal dengan wanita lain. Seiring berjalannya waktu kami sering bersama dan akhirnya hubungan kami semakin dekat dan sampai suatu malam, saya sudah menodai wanita itu dan saya sudah merenggut kesucian dia. Dan saya sangat menyesal sudah berbuat zina dan saya ingin bertaubat. Yang saya tanyakan, apakah saya wajib menikahi wanita itu yg sudah saya nodai  sedangkan saya sudah punya anak dan istri ?



-- Rudi (Tangerang)

Jawaban:

Wswrwb. Pak Rudi yang dirahmati ALLAH SWT.

Bagaimana cara bertaubat dari perilaku zina? Caranya ya tentu saja dengan berhenti melakukan zina. Karena taubat adalah sesuatu yang sebenarnya wajib di lakukan oleh umat muslim karena bagaimanapun juga manusia itu tempatnya khilaf, apalagi jika kita melakukan perbuatan dosa besar tentu saja taubat yang dilakukan juga harus sungguh-sungguh.

Logikanya, orang yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh maka dia akan berhenti untuk melakukan zina dan berupaya untuk memperbanyak amal baik. Dengan demikian pintu maaf dari Allah SWT akan terbuka lebar untuk seorang tersebut.

Setelah bertaubat, pastinya kita harus menyesali atas dosa besar yang sudah kita lakukan. Penyesalan itu harus di wujudkan dan tidak hanya di lisan saja. Karena kita juga harus membersihkan hati kita agar tidak terdorong untuk melakukan maksiat lagi. Seorang yang sudah mempunyai penyesalan sampai ke dalam hati, biasanya dia akan konsisten untuk tidak melakukannya lagi di masa depan.

Mereka yang dari hati bersungguh-sungguh untuk bertaubat maka dia tidak akan mengulangi dan terperosok ke dalam lubang kemaksiatan yang sama. Jadi seorang tersebut akan senantiasa menjaga diri dan manhan diri dari tindakan kemaksiatan itu lagi. Adapun dalam islam sendiri istilah itu disebut dengan taubat nasuha, jadi taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak akan dilakukan lagi.

Jadi demikianlah 3 syarat utama dan yang paling penting supaya dosa zina yang telah dilakukan bisa di ampuni oleh Allah SWT.

Semoga ALLAH SWT memberi anda ampunan. Dan tidak wajib anda menikahinya karena ini kesalahan berdua.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi