Merawat Orangtua

Pernikahan & Keluarga, 30 Oktober 2017

Pertanyaan:

Assslamu'alaikum. 

Pak Ustadz yang dirahmati Allah swt, semoga bapak selalu berada dalam lindunganNYA...amin.

Maaf pak ustdaz,  saya mau bertanya seputar merawat kedua orangtua saya yang sudah tua. Saya sebenarnya ingin sekali bisa merawat dan memanjakan orangtua disaat beliau sudah tidak berdaya apa apa. Hanya yang saya tidak tahan adalah sikap hubbunddunia ibu saya yang masih tinggi walau beliau sudah tua, sebagai contoh : masih kepingin dibelikan kalung emas, cincin emas untuk dipakai, beli peralatan elektronik yang sebenarnya alat electronic yang lain masih ada hanya sedikit jelek, sedang penghasilan saya tidak seberapa. Juga orangtua saya selalu mengatur saya dalam mendidik anak saya, seperti harus sekolah dan mengaji di sini dan disitu.  Jika saya menolak maka beliau berdua akan marah swkali sehingga kamipun bertengkar dan saya bisa membentak orangtua saya.

Saya tahu hal itu tidak boleh, tapi saya juga punya hak untuk mengatur anak saya.

Yang ingin saya tanyakan adalah : apakah saya salah jika ingin mengontrak rumah sendiri jauh dari orangtua? Jika orangtua mau tinggal di rumah saya, maka saya tidak akan berkeberatan dan mau merawat beliau, asalkan bukan saya yang tinggal di rumah beliau karena pasti saya harus mengikuti kemauannya beliau.

Lebih kurangnya terima kasih

 

 



-- Nur (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumsalam wr. wb.

Aamiin ya Rahiim. Semoga Bu Nur sekeluarga selalu dirahmati ALLAH SWT.

Kita sebagai anak wajib taat kepada orangtua selama tidak bermaksiat kepada ALLAH SWT. Dan ketaatan kita juga semampu kita. Karena seberapapun kebaikan kita kepadanya, takkan pernah bisa membalas kebaikannya.

ALLAH SWT sudah menggambarkan bagaimana kondisi umum orangtua di masa tuanya dan ALLAH meminta kita tetap tawadlu' dan berkata lemah lembut. 

Firman ALLAH SWT Surah Al Isra' 23-24

23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia[

24. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Kalau ada perselisihan dan beliau bersalah sekalipun jangan sampai dibentak-bentak. Termasuk ketika dia memaksakan keinginannya dalam mendidik anak anda. Ajak berdialog dengan sabar dan lemah lembut.

Masalah keinginan ngonrak rumah, itu tanggung jawab suami anda setelah diperhitungkan dengan baik dan bijaksana. 

WaLLAHU a'lam 

 



-- Selamet Junaidi