Terlanjur Tubektomi

Lain-lain, 12 November 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb. Kalau ternyata tubektomi dihukumi haram, kalau sudah terlanjur bagaimana ? Mohon pencerahannya, apa yg harus kami lakukan?

Wassalamualaikum



-- Otty R (Kediri)

Jawaban:

Wassalamualaikum wr wb.

Bu Otty yang dirahmati ALLAH SWT.

Bu Otty coba renungkan firman Allah berikut ini:
Katakanlah: "Hai hamba-hamba Ku yang melampaui bataas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa-dosa . Sesungguhnya, Dia lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Az Zumar : 53)
Tidakkah firman Allah ini dapat melapangkan hati, menghilangkan dan menghapuskan kegundahan Anda?
 
Tampak bahwa Allah sengaja menyapa manusia dengan kalimat "Wahai hamba-hambaku..." Adapun tujuannya tak lain adalah menguatkan hati para hamba Nya dan menyentuh perasaan mereka agar mendengarkan ayat tersebut dengan baik. Setelah itu terlihat bahwa Dia mengkhususkan firman Nya itu untuk orang-orang yang melampaui batas. Itu dilakukan Allah karena golongan manusia merupakan yang paling banyak melakukan dosa dan kesalahan. Nah bagaimana dengan kita? Dalam ayat tersebut Allah melarang hamba Nya berputus asa dalam memohon ampunan Allah. Allah mengabarkan pula bahwa Dia akan mengampuni siapa saja yang bertaubat kepada Nya baik dari dosa-dosa kecil maupun yang besar.Tidakkah Anda merasa gembira dan bahagia dengan firman Allah s.w.t. tersibut.
Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri mereka sendiri, mereka ingat akan Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu jika mereka mengetahui. (QS Ali Imran : 153)
Dan barang siapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya kemudian ia memohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS An Nisa : 110)
Firman Nya yang lain:
Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal salih, kemudian tetap di jalan yang benar (QS Al Qashash : 16)
Berdasarkan  surah Al Qashash 16, setelah menyadari kesalahan, kemudian minta ampun dan bertaubat kepada ALLAH Yang Maha Penyayang,  Usahakan kalau ada upaya yang bisa menormalkan kembali dari tubektomi. Kalau sudah berupaya namun tidak bisa. Tetap saja tidak menghalangi ampunan ALLAH SWT.
Semoga ALLAH senantiasa merahmati Bu Otty sekeluarga.
WaLLAHU a'lam


-- Selamet Junaidi