Apakah Sudah Terjadi Talaq?

Lain-lain, 17 November 2017

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustadz mau tanya apakah talaq ke 2 itu berlaku sebagai talaq ke dua jika talaq yang pertama belum rujuk namun tinggal satu atap. Begini ustadz, saya bingung Waktu bertengkar dengan suami saya minta pisah. Dan suami mengiyakan tapi maksud suami saya hanya tinggalnya saja yang misah untuk instrospeksi diri masing" apakah itu bisa dikatakan talaq. Yang kedua, saat saya bercerita mengeluh tentang apa yang saya rasakan dalam rumahtggaku ini sama dia, dia bilang gini ustadz." Bubar ta? apa itu termasuk talaq. Lalu apakah berlaku talaq ke 2 jika talaq pertama belum mengucap rujuk. Mohon bantuannya saya bingung.. 



-- Aisyah (Surabaya)

Jawaban:

Wassalamualaikum w rwb.

Bu Aisyah yang dirahmati ALLAH SWT.

Kalau memperhatikan penuturan bu Aisyah:

1. Kata pisah dan suami hanya berniat pisah tempat tinggal, bukan bermaksud cerai. Maka ini belum jatuh talak.

2. Kalau sekedar pertanyaan ; " bubar ta " dan belum ada jawaban anda dan suami belum memutuskan cerai. Maka inipun belum jatuh talaq.

Tolong setelah ini jangan gampangan mengucapkan kata-kata yang mengarah kepada perceraian.

Rumah tangga yang sudah dibangun dengan cinta seharusnya dijaga dan suburkan nuasa cinta sebagaimana petunjuk ALLAH SWT:

وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

21. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ( QS Ar Ruum )

Ada 2 modal dasar dalam menjaga keharmonisan rumah tangga:

a. Mawaddah (cinta ) semakin bertambah ketika melihat dan merasakan kelebihan dan kebaikan pasangannya

b. Rahmah ( sayang ) semakin tumbuh sayang ketika melihat dan merasakan kekurangan dan kelemahan pasangannya.

Semoga setelah ini keluarga anda semakin harmonis

WaLLAHU a'lam

 

 



-- Selamet Junaidi