Mimpi Bertemu Dengan Ibu Kandung, Nenek Dan Kakek Yang Sudah Meninggal

Lain-lain, 5 Januari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb, saya bermimpi, dalam mimpi tersebut saya bersama ibu saya yang sudah meninnga dan nenek saya yang sudah meninggal. melihat kakek saya meninggal. padahal kakek saya sudah meninggal. terima kasih



-- Rohmasni Siregar (Bekasi)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Rohmasni yang dirahmati ALLAH SWT...

RasuluLLAH SAW bersabda yang artinya :

Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah; mimpi yang menyedihkan berasal dari setan; dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian bermimpi yang menyedihkan, maka hendaklah dia bangun lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mimpi yang baik adalah dari Allah. Sedangkan mimpi yang menakutkan berasal dari setan. Barang siapa bermimpi yang tidak menyenangkan, hendaklah dia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindung diri kepada Allah dari setan, maka mimpi tersebut tidak akan membahayakannya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sahabat Jabir r.a. berkata, “Seorang Arab Baduy datang kepada Rasulullah Saw. seraya mengadu, ‘Ya Rasulullah, saya bermimpi seolah-olah kepalaku dipukuli hingga pusing dan berat.’ Rasulullah bersabda kepadanya, ‘Jangan ceritakan pada orang bahwa setan mempermainkanmu dalam tidurmu’.” (H.R. Muslim dan Ibnu Majah)

Berdasarkan bimbingan RasuluLLAH di atas maka:

Pertama, apabila kita bermimpi baik, berarti mimpi tersebut datang dari Allah.

Kita wajib mensyukurinya dan boleh menceritakannya kepada orang lain sebagai wujud rasa syukur.

Kedua, apabila kita bermimpi buruk atau menakutkan, berarti mimpi tersebut datang dari setan.

Kita wajib berlindung diri pada Allah, bahkan kalau memungkinkan meludah tiga kali ke sebelah kiri dan jangan menceritakannya pada orang lain. Sebab kalau kita menceritakannya, setan akan merasa senang kalau gangguannya itu menjadi bahan pembicaraan manusia.

Kita harus berhati-hati kalau mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, misalnya bertemu dengan ayah atau ibu kita yang sudah wafat.

Kalau kita bermimpi bertemu dengan orang yang sudah wafat dan mimpi itu menakutkan, sebaiknya kita berlindung diri kepada Allah karena dikhawatirkan itu adalah setan yang menyerupai almarhum. Akan tetapi, kalau mimpi bertemu dengan almarhum itu menyenangkan, maka bersyukurlah, mudah-mudahan itu mimpi dari Allah Swt. 

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi