Bagaimana Cara Menasihati Suami

Pernikahan & Keluarga, 29 Januari 2018

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Tim Dakwah yang dirahmati Allah, saya seorang istri dan juga ibu rumah tangga. belakangan ini suami saya sering ikut dalam perkumpulan bahkan aktif dalam perkumpulan orang-orang yang mempelajari ilmu hikmah, yang saya selidiki dan saya bandingkan dengan syariat cukup menyimpang dalam tuntunan islam. bisa dibilang banyak amalan yg mengada-ada (bid'ah), ditambah dengan metode mendengarkan terapi otak (brainwave) dalam hal ini saya coba cari literarur bisa dikatakan terapi ini bagi saya menyesatkan.

berdasarkan uraian saya diatas bagaimana caranya menasihati suami saya untuk menjauhi hal-hal tersebut karena sudah seringkali saya singgung tetapi yang ada jadi keributan

keinginan saya semoga suami saya bisa kembali kejalan yang lurus sesuai dengan syariat islam. saya sudah coba ajak suami untuk diruqyah, tapi dia menolak. mohon bantuan untuk solusinya

wassalamualikum



-- Siti (Jakarta)

Jawaban:

 وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bu Siti yang dirahmati ALLAH SWT.

Semoga  ALLAH SWT memudahkan usaha anda dalam menjaga keharmonisan dan kebahagiaan  rumah tangga anda.

Menghadapi beliau harus dengan "rahmah" (kasih sayang) karena suami yang anda cinta sedang dalam masalah maka kewajiban istri yang mencintainya untuk menjaganya. Maka inilah suasana hati anda ketika berdialog dengan beliau. Hindari dulu kalimat yang menyalahkan beliau tapi gunakan kalimat ingin tahu ilmunya dengan nada pertanyaan sampai beliau sadar bahwan ilmunya salah.

Coba juga mendekati temannya yang paling dekat semoga melalui temannya suami anda, beliau bisa berubah.

Yang paling penting anda istiqomah dalam ibadah yang benar. Karena ibadah yang dilakukan denga tekun dan khusyu' pasti menciptakan suasana nyaman bagi siapa yang dekat dengannya. Selalu berdoa dengan tulus dan penuh harap untuk suami yang anda cinta. Dengan Doa tulus dan cinta karena ALLAH SWT itu adalah kekuatan dahsyat mengarahkan beliau ke dalam hidayah ALLAH SWT.

WaLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi