Ragu-ragu Jatuh Talak Atau Tidak

Pernikahan & Keluarga, 2 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb

Pada minggu ini saya merasa diterpa rasa was-was, apakah sudah menjatuhkan talak pada istri atau tidak dengan bergumam/ngomong sendirian perihal ini.

1.Apakah jatuh talak ketika saya menirukan/mengingat lafadz-lafadz talak yang sedang/telah saya baca?

2.Apakah jatuh talak ketika saya tak sengaja dengar/menyanyikan lirik lagu tentang yang berbau perpisahan?

3.Apakah saat tertidur sementara muncul dalam hati lafadz-lafadz talak hingga saya kaget seketika terbangun dari tidur itu jatuh talaknya?

4.Apakah jatuh talak ketika saya bergumam/ucap lafadz talak sendirian tapi tidak dihadapan  istri & tidak ada niatan ditujukan untuk istri

5.Apakah hukumnya ketika saya bicara sendiri dengan bergumam: seandainya tidak jatuh talak kemudian terpotong karena teringat dipikiran dan hati saya tentang perkataan ulama tentang kata "TALAK" tadi tapi dengan bahasa malaysia "TALOK" kemudian bibir ini bergumam mengikuti kata-kata "TALOK" 3X bahkan saya sempat mengulangi berkali kali karena saya masih  teringat kata-kata itu terus dan seakan saya jadi ragu  dan mencoba meresapi kata-kata tersebut dengan ucapan berkali-kali apakah itu merupakan sebuah kata yang bisa menjatuhkan talak ke istri. padahal saya sedang bergumam sendiri/berkata sendirian tanpa saya tujukan ke istri sebagai objeknya & saya juga tidak ada niatan untuk menjatuhkan kata-kata tersebut untuk istri saya karena hubungan kami harmonis saja & saya mencintai istri saya. lalu apa hukumnya terhadap hal ini?? Terima kasih

Wassalamualaikum wr. wb



-- EKO (Tanjung Selor)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Eko yang dirahmati ALLAH SWT.

Maaf saya membaca satu persatu nomer pertanyaan sambil tersenyum.. Anda kok sibuk berhubungan kata-kata TALAK??

Mulai sekarang anda harus berhenti dengan kata-kata TALAK!

Rubahlah kata-kata talak dengan HARMONIS, bila datang godaan berhubungan dengan kata talak, tolak dengan AKU TIDAK MENYUKAI kamu hai TALAK. Dan katakan AKU HARMONIS!

LIma hal yang anda sebutkan itu jelas tidak jatu talak. Tapi itu was-was dari syetan. Ini yang anda harus hadapi saudaraku.  Anda harus hadapi dengan bertaawudz, baca juga ayat Qursyi, al Ikhlas, al Falaq, an Nas dan banyak membaca Al Qur'an.

Semoga hati semakin tenang dan kelurga anda semakin harmonis, mesra dan bahagia.

WaLLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi