Makan Berlebih Untuk Menambah Berat Badan

Makanan & Sembelihan, 10 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum...Seperti yang kita ketahui bahwa makan secara berlebihan hukumnya makruh dalam Islam, sebagaimana hadis Nabi yang menganjurkan kita untuk makan beberapa suap saja untuk menegakan punggung, dan kalau tidak bisa maka sepertiga diisi makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara.

Pada dasarnya saya punya keinginan untuk mengamalkan hadis tersebut, namun di sisi lain saya punya berat badan di bawah rata-rata.

Pernah saya konsultasi ke dokter, dan kata dokter saya memiliki tubuh dengan metabolisme yang sangat tinggi dan agar saya bisa menambah berat badan maka saya harus menambah asupan kalori ke dalam tubuh lebih banyak, yang artinya saya harus makan lebih banyak. Jika orang pada umumnya makan 3x dalam sehari, maka saya disarankan untuk makan 4 sampai 5 kali sehari dengan menu gizi seimbang ditambah 2 gelas susu kalori tinggi setiap hari.

Apa hukumnya jika saya mengikuti saran dokter tersebut dengan tujuan agar berat badan saya normal dan tidak terlalu kurus?



-- Irsyad Sidik (Pemalang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Makan dan minum dalam Islam termasuk dalam kategori Fiqih Muamalah yang hukum asalnya adalah mubah atau boleh, kecuali ada dalil yang mengharamkannya

Dan diantara dalil yang bisa merubah hukum makan dan minim dari mubah menjadi haram itu adalah bila makan dan minumnya sampai pada tingkat berlebihan ( tabdzir ), Lihat suroh Al Isro' (suroh ke-17) ayat  26-27

Dan oleh karena makan dan minum ini adalah masalah muamalah, maka ukuran berlebihan atau tidaknya bisa kembali pada ukuran medis.

Berdasarkan hal tersebut, maka apabila dokter sebagai pakar medis, merekomendasikan kepada anda untuk makan sesuai ukuran medis, maka insyaaAllah tidak termasuk tabdzir yang diharamkan

Demikian, semoga Allah senantiasa berkenan untuk memberikan petunjuk kepada kita semua kejalan yang iridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

 



-- Agung Cahyadi, MA