Suami Meneraikan Istri Karena Sakit Hati Kepada Ortu Istri

Pernikahan & Keluarga, 15 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb. Ustadz yg dimuliakan Allah,

Saya seorang istri dari suami yang tidak mudah memaafkan. Suami sakit hati kepada ortu saya yang selalu menjelek-jelekan suami & tidak pernah berterimakasih walaupun suami sudah banyak memberi kepada oran tua saya. Akibat sakit hati suami saya, suami sering marah-marah & membentak-bentak saya. Dulu dia pernah mentalak 1 saya kemudian rujuk. Sekarang dia mentalak lagi, berarti talak 2. Saya sudah mengalah minta rujuk saja tapi suami masih ragu. Suami akan mempertimbangkan rujuk jika saya memutus silaturahmi dengan orang tua saya & mengharamkan hartanya dari orang tua saya.

Apakah saya harus memperjuangkan pernikahan saya yang saya tidak tahu apakah saya sanggup menuruti syarat dari suami?

Mohon jawabannya ustadz. Terimakasih sebelumnya.



-- Annisa (Surabaya)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bu Annisa' yang dirahmati ALLAH SWT.

Suami istri adalah pasangan yang saling menjaga, saling melengkapi, saling mengingatkan, saling mengimbangi, saling mencintai dan lain-lain. Sehingga apapun yang menyerang keluarga itu maka suami istri akan menjaga keluarga bukan menjaga dan mengutamakan diri masing-masing.

Maka demikian juga sikap bu Annisa' berupaya menjaga keutuhan keluarga sebagai istri tapi juga juga menjaga keutuhan keluarga sebagai anak. Anda harus menjadi PEREKAT antara suami dan ayahanda. Sampaikan kepada ortu anda dengan cara yang sopan dan tetap menghormati ortu anda, tentang kebaikan-kebaikan  suami anda. Dan yang terpenting sampaikan terus terang penyebab talak 1 dan 2 ini, tapi tetap tanpa nada menyalahkan ortu anda. Sehingga ortu benar-benar merasakan kebahagiaan anda bersama suami dan beliau sadar dan terdorong untuk menjaga kebahagiaan putrinya sendiri.

Permohonan suami anda sebagai syarat rujuk memang terlalu berlebihan dengan mengharamkan pemberiaan dari ortu. Dalam kondisi seperti ini anda terima saja tetapi jangan disampaikan seperti itu kepada ortu, sampaikan dengan bahasayang ringan misal: untuk sementara waktu ortu jangan dulu memberi bantuan  atau dengan bahasa lain.

Lebih baik berusaha dari pada menyerah . 

Semoga dengan ketulusan dan niat suci anda , ALLAH akan mudahakan dan GANTI SUASANA KELUARGA ANDA DENGAN LEBIH INDAH.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi