Restu Orang Tua

Lain-lain, 19 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... Ustadz, saya dan pasangan saya sering melakuan zinah di masa lalu. Pasangan saya mau bertanggung jawab, tapi orang tuanya tidak setuju. Kami sudah mengakui kesalahan kami, tapi mereka tetap tidak setuju. Sejak awal hubungan mereka sudah melarang, tapi kami tetap melanjutkan. Mereka melarang tanpa memberi tahu alasannya, dan saya pun tidak tahu salah saya apa, karena saya dan orang tuanya hanya bertemu sekali, dan mereka langsung melarang. Apa yang harus kami lakukan, Ustadz? Terimakasih sebelumnya. Wasalamu'alaikum warahamatullahi wabarakatuh.



-- Anon (Bandung)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudari Anom yang dirahmati ALLAH SWT.

Yang Utama dan pertama yang harus dilakukan adalah menyadari akan dosa besar perzinahan dan bertaubat serta bertekad tidak mengulanginya. AlhamduliLLAH nampaknya anda sudah melakukannya. Semoga ALLAH SWT menerima taubat anda berdua.

Sepertinya sebab penolakan orang tua atas hubungan anda tidak ringan. Setelah mengetahui hubungan zina anda berdua, tetap saja beliau menolak.

Maka  siap-siaplah untuk berusaha keras, benar dan tepat serta sabar menjalani prosesnya untuk mendapatkan restu orangtuanya. Perlu bantuan orang lain untuk melakukan pendekatan kepada orangtua. Orang yang punya hubungan baik dihormati dan didengar perkataannya.

Dan sebagai seorang anak maka harus eveluasi apakan sudah menjadi anak yang berbakti dan anak yang baik terhadap orang tua? Cari kesempatan yang baik untuk bicara dari hati ke hati . Wujudkan hubungan silaturrahim yang indah antara calon mantu dan orang tua. Tunjukkan kesungguhan anda berdua untuk menikah dengan menjelaskan rencana-rencana baik ke depan dalam rumah tangga anda. Perbanyak doa kepada ALLAH SWT. Dan yang terpenting lagi diantara isi permohonan kepada ALLAH SWT adalah: "Bila pernikahan ini baik untuk dunia dan akhirat kami , maka permudahkan tapi jika pernikahan kami berakibat bukruk bagi dunia dan akhirat kami maka jauhkan kami berdua". 

Semoga ALLAH SWT mempermudah impian anda terwujud untuk membangun keluarga dan mendapat restu orang tua.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi