Mertua Marah Ketika Nasehatnya Tidak Di Jalani

Pernikahan & Keluarga, 24 Februari 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum pak ustadz

Saya adalah pasangan yang sudah di karuniai satu anak, hanya saja kami masih tinggal bersama mertua. Mertua saya adalah orang yang baik,  hanya terkadang ada perbedaan pendapat dalam mengurus anak, beliau menasihati saya untuk tidak tidur siang, sedangkan terkadang saya begitu lelahnya mengurus rumah dan anak dan menahan tidak tidur siang sampai kurang istirahat dan jatuh sakit . Saya bingung kalau tidak dituruti nasehatnya maka akan marah,  sedangkan saya sendiri merasa kelelahan dan khawatir sakit lagi. Mohon nasehatnya pak ustadz . 

Wassalamualaikum wr. Wb

 

 



-- Sari (Cirebon )

Jawaban:

وعليكم السلام وحمة الله وبركاته

Bu Sari yang dirahmati ALLAH SWT.

Sebenarnya permasalahan yang anda hadapi adalah hal yang sangat sederhana. Hal yang baik bila anda tidak tidur pada siang hari kalau badan sehat, segar bugar. Tapi bila fisik kurang sehat ataupun capek sekali, boleh-boleh saja jika istirahat siang agar stamina tubuh terjaga.

Adapun larangan tidur siang dari mertua baik-baik saja bila anda sehat dan kuat. Tapi bila anda kurang sehat atau kelelahan, maka tidak mengapa bila harus istirahat.

Komunikasikan terus terang ke mertua bila anda sedang tidak enak badan dan sebaiknya dibantu suami juga ubruk mengkomunikasikannya. Jika anda belum bisa memenuhi harapan mertua, untuk menghormati mertua sampaikan saja; "permohonan maaf kalau belum bisa menjalankan nasehat beliau karena kondisi badan kurang fit. 

Semoga dengan komunikasi yang santun dan lemah lembut, mertua anda bisa memahami keadaan dan sikap anda.

WaLLAHU a'lam.



-- Selamet Junaidi