Keberadaa Suami Terhadap Anak Tiri

Lain-lain, 9 Maret 2018

Pertanyaan:

Saya seorang suami bertengkar dengan anak tiri, maka kemudian saya meninggalkan rumah, sedangkan saya sangat mencintai istri saya, masalah yang saya hadapi anak tiri selalu membuat petengkaran saya dengan istri saya, masalah lain tidak ada, 1. sikap apakah yang harus diambil oleh istri saya, ia berada dalam 2 pilihan apakah istri saya harus memilih suami, atau apakah harus tetap bersama anak, (telah balig),



-- Herman (Bukittinggi)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Herman yang dirahmati ALLAH SWT.

Berkeluarga berarti kita tidak hidup sendiri lagi, tapi ada istri dan ada anak. Maka sikap, prilaku dan perasaan ketika bersama istri dan anak tentu tidak sama ketika sendirian. Maaf ini prinsif utama yang  harus anda fahami dan jalankan sekarang ini.

Komunikasi dan sikap  anda adalah sebagai suami sekaligus ayah dari anak tiri anda. Merangkul dan melindungi serta memberi perhatian kepada dua-duanya. Jangan anda sampai memberi opsi kepada istri untuk memilih anda sebagai suaminya atau anaknya. Tapi tugas anda saudaraku adalah menjadikan keluarga ini utuh. Bahagia bersama.

Semoga ALLAH beri kemudahan anda menjadi suami dan sekaligus ayah yang pandai dan bijak menjalankan kehidupan   berumah tangga yang harmonis.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi