Kaffarah Nadzar/sumpah Yang Spesifik

Fiqih Muamalah, 24 Maret 2018

Pertanyaan:

Assalaamu'alaikum

Begini ustadz, saya dulu sering melakukan sebuah perbuatan dosa. Karena ingin mengehentikan perbuatan dosa itu, saya bersumpah/bernadzar sekali "Demi Allah, setiap kali saya melakukan perbuatan dosa itu saya akan puasa satu hari".

Tapi sayangnya, saya ternyata masih sering melakukan dosa itu. Sekarang puasa saya bertumpuk, ratusan mungkin ribuan, hanya Allah yang tahu berapa totalnya.

Apa yang harus saya lakukan? Jika saya memilih bayar kaffarah sumpah, apakah saya harus bayar sekali (karena sumpah/nadzarnya hanya sekali/tidak berulang) atau kaffarahnya harus ratusan/ribuan sebanyak puasanya?

Terima Kasih

 



-- Adi (Bandung)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Saudara Adi yang semoga Allah berkenan untuk memberikan rahmat-Nya, yang pertama harus segera anda lakukan adalah bertaubat kepada Allah dengan se-benar benarnya taubat, dengan cara meninggalkan dosa, menyesalinya, berjanji untuk tidak akan mengulang kembali dan memperbanyak istighfar dan banyak untuk beramal baik

Perihal nadzar atau sumpah yang telah anda lakukan, mestinya harus anda tepati, Namun bila tidak memungkinkan untuk melaksanakannya karena diluar batas kemapuan anda, maka in sya Allah anda bisa membayar kaffaroh sumpah atau nadzar, dengan memberikan makan kepada 10 orang miskin atau memberikan pakaian kepada mereka, dan apabila anda tidak mampu, maka bisa anda gantikan dengan berpuasa 3 hari (lihat. suroh Al Maidah, ayat ke 89)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, yaufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA