Orangtua Tidak Mendukung Anaknya

Lain-lain, 2 April 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Pak/ibu saya ingin bercerita sedikit dan bertanya. 

Keluarga saya bukanlah orang yang benar2 taat agama. Sholat tidak, biasa biasa saja. Dan pada SMP saya terasa ingin memakai jilbab hingga sekarang saya sudah SMK. Saya ingin memakai hijab saya tidak hanya diluar rumah, tapi juga di rumah jika ada yang bukan mahram saya. Ibu saya bisa dibilang gaul, ia ada banyak adik angkat laki-laki. Orang lain tapi dianggap seperti adik angkat. Kalau mereka datang kerumah saya tentu memakai jilbab saya segera. tapi ibu saya suka mengejek saya dengan mengatakan jilbab yang saya pakai itu "alat band" dan merasa saya ini terlalu berlebihan. Apalagi kalau disuruh ke warung depan atau sekedar angkat jemuran didepan rumah.saya berusaha buat pakai jilbab dulu. Tapi dia selalu bilang "alah cuman kedepan sebentar pun". Tolong beri saya solusi, apa yang harus saya lakukan. Rasanya sedih karena saat ingin hijrah tetapi tidak didukung ibu sendiri. Dan juga saya merasa marah karena jilbab yang saya kenakan rasanya dianggap sepele. Terimakasih.

Wassalamualaikum



-- Anas (Batam)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudari Anas yang dirahmati ALLAH SWT.

SubhanaLLAH! Karunia besar  yang sedang anda dapatkan dari yang sangat menyayangi anda, ALLAH. Pertahankan!

Adapun sikap ibu anda itu wajar sesuai dengan kedangkalan pemahaman  beliau kepada Islam. Maka anda bersikap wajar saja terhadap komen-komen beliau dan anda sendiri tetap mempergauli dan kalau menjawab komennya dengan lemah lembut.

Maka posisi anda adalah guru dan contoh bagi beliau.Maka berusahalah untuk menciptakan komunikasi mesra dan bernada hormat dengan beliau sehingga ketika anda menyampaikan ajaran Islam yang anda terapkan bisa dengan mudah beliau terima:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24)

23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia

24. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

( QS. Al Isra' )

WaLLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi