Istri Enggan Untuk Sholat

Sholat, 7 April 2018

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum 

Pak ustadz, mohon ijin untuk bertanya, bagaimana caranya utk mengingatkan istri saya agar mau utk senantiasa mengerjakan sholat 5 waktu?  Jujur pak ustadz, istri saya sholat cuma maghrib aja, itupun kadang sholat kadang tidak, begitu juga diwaktu lain saya selalu mengingatkan istri agar segera sholat, namun istri selalu enggan utk melakukannya, kadang saya bosan utk mengingatkannya selalu.

Bila saya biarkan istri saya seperti itu, apakah diakhirat kelak saya akan mempertanggung jawab tentang istri saya itu pak ustadz? 

Apakah saya akan menanggung dosa istri saya kelak pak ustadz? 

Mohon penjelasan dan sarannya pak ustadz.

Wassalam

Fadli, pkn baru 



-- Fadli Haris (Pekan Baru )

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Memang agak sulit mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu jika tidak atas kemauan orang itu sendiri, tetapi sebagai kepala rumah tangga sudah menjadi kewajiban kita untuk mengajak anggota keluarga yang lain, terutama istri dan anak2 untuk berbuat baik terutama menjalankan shalat 5 waktu, Allah berfirman yang artinya kurang lebih :

" Wahai orang-orang yang ber-iman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka..." ( QS. 66:6 ) dan dalam ayat yang lain Allah berfiman yang artinya kurang lebih : " Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya... " ( QS, 20 132 )

Dan apabila dengan cara mengajak dannasihat dengan bijak, istri tetap tidak mau shalat, cobalah lakukan pendekatan dengan cara lain, misalnya dengan mediator anak kita, ajari anak kita (tanpa sepengetahuan istri) supaya mengajak ibunya unutk shalat apalagi anak itu sendiri mau untuk sholat, semoga dengan itu bisa berhasil.

Tetapi ada satu hal lain yang lain dan ini bisa lebih penting, yaitu sertakan istri dalam doa-doa yang kita senantiasa panjatkan kepada Allah, semoga Allah berkenan unruk memberikan hidayah.

Dan kalau dengan cara itupun tidak berhasil, anda bisa memaksa (bahkan bisa dengan cara memukul yang tidak menyakitkan) agar istri mau shalat

Dan apabila dengan cara itupun, belum berhasil, maka lebih anda mrenceraikannya, karena seorang muslim tidak boleh ber-istri dengan wanita yang tidak mau shalat

Demikian, semoga bermanfaat dan semoga Allag berkenan untuk memberikan hidayah, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA