Warisan

Waris, 13 April 2018

Pertanyaan:

Assalaamualaikum, Sebelumnya saya mau cerita, Ibu mertua saya adalah anak pertama, beliau mempunyai satu adik laki-laki dan satu adik perempuan. Waktu muda dulu mereka semua dapat warisan sesuai dengan haknya masing-masing. Singkat cerita, belum lama ini Ibu mertua saya meninggal dunia, dan sebelumnya bapak mertua saya sudah lebih dahulu meninggal. Jadi istri saya sekarang sudah tidak mempunyai orang tua.

Masalahnya sekarang adik laki-laki dari Ibu mertua saya ini menginginkan semua harta ibu mertua saya yang didapat dari warisan menjadi miliknya. Kebetulan adik dan kakak istri saya semuanya perempuan. Adik Ibu mertua saya ini bilang kalau menurut hukum Islam, anak-anaknya Ibu mertua saya ini tidak mempunyai hak waris, karena hak warisnya otomatis jatuh ke saudara laki-laki, karena memang Ibu mertua saya tidak punya anak laki-laki.

Yang saya mau tanyakan, apakah memang demikian anak-anak ibu mertua saya yang semua perempuan tidak mempunyai hak waris? Sehingga adik dari Ibu mertua saya sangat ingin mengambil semua harta milik Ibu mertua yang berasal dari warisan orang tuanya.

Demikian pertanyaan dari saya. Terima kasih



-- Wahyudhi (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb

In syaa Allah klaim adik laki-laki dari ibu mertua perihal warisan tersebut tidak benar dalam Islam.

Yang benar menurut Islam, bahwa asset ibu mertua almarhumah (semua harta beliau, baik dari hasil kerja beliau sendiri + yang didapat dari warisan orang tuanya + 1/8 dari warisan suaminya) menjadi harta warisan bagi semua ahli warisnya yang masih hidup, yaitu :

1, 2 puitrinya  = 2/3 (untuk berdua)

2. 2 adiknya (1 laki dan 1 pr) = 1/3 (ashabah/sisa), dengan cara pembagian 2 ; 1 

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan petunjuk kepada kita semua ke-jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bisshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA