Masalah Warisan

Waris, 21 April 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullah

Ada seorang anak yang meminta uang untuk modal usaha sama ayahnya, dengan mengatakan kalau nanti tidak minta warisan. setelah ayah meninggal apak si anak berhak mendapat warisan? Sedangkan modal yang si anak minta cuma 5 juta, sedangkan nilai warisan saat ini mencapai ratusan juta. Sebelum ayah meninggal, ayah ingin menjual tanah untuk membelikan si anak rumah, sebelum tanahnya laku ayah sudah meninggal, dan sekarang tanahnya sudah laku. Sekarang si anak menyesal dan ingin mengambil hak warisanya, apakah si anak berhak mendapatkan warisanya? Mohon penjelasan ustad? syukron jazakallahu khairan.



-- Nuryati (Pati)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Perkataan seorang anak pada saat ayahnya masih hidup:" kalau nanti ayah meninggal, saya tidak meminta warisan ", insyaAllah tidak menggugurkan hak warisnya.

Yang karenanya, ketika di kemudian hari ayahnya meninggal, maka anak tersebut in syaa Allah masih tetap mempunyai hak waris dari ayahnya yang meninggal.

Adapun keinginan orang tua untuk membelikan rumah anaknya saat masih hidup dan kemudian orang tua tersebut meninggal sebelum keinginannya dilakukan, maka gugur pula keinginannya, dan karenanya uang yang sedianya mau dibelikan rumah untuk anaknya tersebut menjadi harta warisan yang harus dibagi kepada ahli warisnya.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA