Apakah Do'a Jelek Dikabulkan Allah?

Sholat, 9 Mei 2018

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Wr.Wb...

Saya ingin bertanya, apa hukum mendo'akan keburukan pada orang yang sama sekali tidak mendzalimi kita, bahkan telah banyak berbuat baik pada kita? Apakah dikabulkan Allah atau ditolak?

Entah kenapa, akhir-akhir ini saya selalu mendo'akan keburukan dan melaknat orang lain dalam hati saya, bahkan pada diri saya dan keluarga saya sendiri.

Saya nggak tahu itu bisikan hati saya sendiri atau bukan. Tapi yang jelas nggak ada hujan nggak ada angin, tiba-tiba bisikan itu selalu muncul.

Bahkan saya mendoakan keburukan pada setiap orang yang saya lihat. 

Doa-do'a jelek itu selalu muncul ketika saya ingin berdo'a kebaikan, ketika shalat, dan malah di waktu2 yang mustajab berdo'a (padahal saya ingin mendoakan kebaikan tapi tiba-tiba do'a jelek muncul). Dan terkadang bisikan ini muncul dalam nada nyanyian aneh.

Saya sampai frustasi dan putus asa memikirkan ini semua ustadz. Saya sangat takut do'a itu dikabulkan Allah (na'udzubillah)

Apakah ini bisikan hati atau bisikan setan?

Dan apakah saya berdosa dan telah mendzalimi orang lain dengan do'a tsb?

Apakah do'a dalam hati diangkat ke langit juga seperti do'a secara terang-terangan?

Dan apakah malaikat bisa mendengar dan mengaminkan doa dalam hati kita?

Mohon jawabannya ustadz.

Jazakallahu khoiron katsiir...

Wassalamu'alaikum wr wb.



-- Hamba Allah (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Allah dan Rasul-Nya telah melarang seseorang terburu-buru dalam dalam segala hal, termasuk dalam berdoa dengan doa keburukan atas dirinya, anaknya, atau orang yang ada di sekitarnya. Sebaliknya, keduanya menganjurkan untuk bersabar saat jengkel, menjaga lisan dan tetap mendoakan kebaikan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

وَيَدْعُ الْإِنْسَانُ بِالشَّرِّ دُعَاءَهُ بِالْخَيْرِ وَكَانَ الْإِنْسَانُ عَجُولًا

Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa.” (QS. Al-Isra’: 11)

 

Diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

لَا تَدْعُوَا عَلَى أَنْفُسِكُمْ ، وَلَا تَدْعُوَا عَلَى أَوْلَادِكُمْ ، وَلَا تَدْعُوَا عَلَى أَمْوَالِكُمْ ، لَا تُوَافِقُوا مَنَ اللَّه سَاعَةً يُسْأَل فِيهَا عَطَاء فَيَسْتَجِيبَ لَكُمْ

Janganlah kalian mendoakan keburukan atas diri kalian, jangan pula atas anak-anak kalian, dan jangan pula atas harta kalian. Jangan sampai dia kalian bertepatan dengan waktu dikabulkannya doa sehingga Allah mengabulkan doa kalian.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka seyogyanya anda - dengan memohon pertolongan kepada Allah- segera menghentikan kebiasaan tersebut dan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mendekatkan diri kepada Allah, dengan mempebaiki ibadah anda kepada Allah

Saya sangat khawatair ada faktor X (jin) yang senantiasa ingin menjerumuskan anda dan menjauhkan anda dari ajaran Islam yang mulia dengan cara yang sebagaimana anda ceritakan

Kalau perlu, ada baiknya anda meminta ruqyah kepada ahli ruqyah syar'iyah, semoga Allah berkenan untuk menjauhkan dari kebiasaan buruk tersebut

Demikiasn, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

 



-- Agung Cahyadi, MA