Was Was Di Dalam Hati

Lain-lain, 4 Juli 2018

Pertanyaan:

Assalammualikum ustad, saya mau bertanya kenapa hati saya selalu tidak tenang di dalam hati saya kadang terbesit untuk menghina allah padahal saya tidak bermaksud ustad saya tidak ingin berbicara seperti itu saya seperti was was di dalam hati ustad.saya telah sholat memohon ampun dan saya jugo membaca bacaan pendek seperti surat-surat pendek tetapi hati saya masih tidak tenang ,tolong ustad bantu saya dalam mengahadapi masalah ini terima kasih ustad

Walaikumsalam.



-- Hamba Allah (Palembang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wr.wb.

Secara singkat, untuk menghilangkan penyakit was was, bisa dilakukan tips-tips sebagai berikut misalnya:

Pertama, perkuat iman, baik iman yang ada di hati (rasa keimanan) maupun iman yang ada di dalam akal pikiran (ilmu keimanan). Antara lain dengan memperbanyak ucapan tahlil maupun dengan mengulang-ulang pengucapan kalimat syahadat. Tapi dalam pengucapan syahadat ini, jangan didasarkan pada perasaan atau pemikiran bahwa syahadat kita sebelumnya telah batal. Tidak. Tapi sifatnya hanyalah untuk memperbarui dan menguatkan iman saja. Persis seperti saat kita membaca syahadat dalam shalat, dalam wudhu dll.

Kedua, perbanyak ta'awwudz/isti'adzah misalnya dengan ucapan: A'udzu billahi minasy-syaithanir-rajim, dll.

Ketiga, perbanyak istighfar kepada Allah Ta'ala.

Keempat, perbanyak membaca tiga surah mu'awwidzat (pelindung diri): QS. Al-Ikhlas, QS. Al-Falaq dan An-Nas, khususnya surah terakhir: An-Nas.

Demikian semoga manfaat.



-- Ahmad Mudzoffar Jufri, MA