Takut Doa

Lain-lain, 19 Juli 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz 

Tiba tiba fikiran dan hati saya seperti mendapat bisikan " aku akan.... " i"bu akan...." "keluarga akan...." padahal saya sangat membenci dan takut ,sudah saya hilangkan ,tapi masih takut ,takut terjadi apa apa gara gara itu ,padahal saya tidak menginginkannya ? Apakah itu bisikan setan ? Saya harus bagaimana ? 

Terimakasih 

Wassalamualaikum 



-- Nabila (Banyuwangi)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudari Nabila yang dirahmati ALLAH SWT.

Benar , itu bisikan syetan seperti firman ALLAH SWT:

إِنَّمَا ذَلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

175. Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman.
( QS. Ali 'Imran )

Untuk menghilangkan penyakit was was, bisa dilakukan hal- hal sebagai berikut  :

Pertama, perkuat iman, baik iman yang ada di hati (rasa keimanan) maupun iman yang ada di dalam akal pikiran (ilmu keimanan). Antara lain dengan memperbanyak ucapan tahlil maupun dengan mengulang-ulang pengucapan kalimat syahadat. Tapi dalam pengucapan syahadat ini, jangan didasarkan pada perasaan atau pemikiran bahwa syahadat kita sebelumnya telah batal. Tidak. Tapi sifatnya hanyalah untuk memperbarui dan menguatkan iman saja. Persis seperti saat kita membaca syahadat dalam shalat, dalam wudhu dll.

Kedua, perbanyak ta'awwudz/isti'adzah misalnya dengan ucapan: A'udzu billahi minasy-syaithanir-rajim, dll.

Ketiga, perbanyak istighfar kepada Allah Ta'ala.

Keempat, perbanyak membaca tiga surah mu'awwidzat (pelindung diri): QS. Al-Ikhlas, QS. Al-Falaq dan An-Nas, khususnya surah terakhir: An-Nas.

Yang terpenting anda harus yakin bisa mengalahkan bisikan-bisikan syetan tersebut atas kekuatan ALLAH SWT.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi