Bertanya Ustadz

Lain-lain, 19 September 2018

Pertanyaan:

Pak ustadz saya ini berbohong saat interview pada saat ditanya apa organiasasi di luar saya menjawab pramuka, hrd bertanya jabatan kamu ,anggota, hrd anggota apa, terus saya jawab yan ngajar di adik kelas padahal saya tidak pernah, tetapi saya ikut pramuka di kelas 1 SMK karena wajib dan saya lolos tahap ke berikutnya training apakah saya kalau teruskan tetap halal gaji yang saya peroleh bila di angkat karyawan. Bagaimana solusinya?



-- Ferri (Ponorogo)

Jawaban:

وعلسكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Ferri yang dirahmati ALLAH SWT.

Semoga semangat anda menjaga kehalalan penghasilan terus terjaga karena itu akan mensucikan harga diri dan keselamatan dari neraka. Sebagaimana sabda Nabi saw :

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ إِنَّ الْحَلَالَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ فَمَنْ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ

(رواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Abdillah anNu’man bin Basyir –semoga Allah meridlainya- beliau berkata: Saya mendengar Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas, yang haram itu jelas, di antara keduanya terdapat perkara yang samar (musytabihat) tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menghindari syubuhat maka ia membersihkan Dien dan kehormatannya. Barangsiapa yang masuk ke dalam syubuhat maka ia (hampir) masuk ke dalam haram, bagaikan penggembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar himaa (wilayah yang dilindungi), hampir-hampir saja ternak itu makan di tempat yang dilindungi tersebut. Ingatlah, sesungguhnya setiap raja memiliki wilayah khusus yang dilindungi, ingatlah bahwa wilayah khusus yang dilindungi bagi Allah adalah keharamannya. Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah seluruh jasad. Jika rusak, maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa (segumpal daging) itu adalah hati (H.R alBukhari dan Muslim)

Anda tidak berdusta karena anda pernah masuk pramuka dan pasti pernah memberi pengarahan pada adik-adik pramuka anda? Tapi kalau anda merasa anda sedikit yang mengganjal di hati. Segeralah anda beristighfar, in sya ALLAH akan terhapus kesalahan tersebut.

Apalagi jika anda diangkat karyawan, jelas bukan dinilai dari wawancara itu saja.

Semoga anda sudah jadi karyawan. Dan gaji anda halal.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi