Taubat

Lain-lain, 26 September 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum, saya ingin bertaubat atas semua dosa dosa saya selama ini,apa yg telah saya lakukan di masa lalu dan selalu meninggalkan kewajiban, saya ingin bertanya bagaimana cara saya bertaubat mohon ampun Kepada Allah SWT agar taubat saya di terima Allah SWT? Di ampuni semua kesalahan saya di massa lalu, saya ingin benar-benar bertaubat dan membayar nazar saya yang belum saya penuhi semua

Terimakasih



-- Kiki (Banjarmasin)

Jawaban:

wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu

Setiap manusia berpotensi untuk berbuat salah,tapi yang terbaik dari mereka yang pernah bebuat salah itu adalah mereka yang mau betaubat. Rasulullah swa bersabda:

كُلُّ بَنِيْ آدَمَ خَطَاءٌ وَ خَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّبُوْنَ. رَوَاهُ التِّرْمـِذِيُّ

Setiap anak adam (manusia) berbuat kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah yang bertaubat.(HR. Tirmidzi)

Agar taubat seseorang diterima oleh Allah, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi,sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kita Riyadhussholihin.

Jika kesahan atau dosa terkait dengan hak Allah,seperti meninggalkan shalat,tidak berpuasa Ramadan dan sebagainya,maka syaratnya ada tiga:

  1. Menghentikan kemaksiatan yang dilakukan
  2. Menyesali perbuatan maksiat yang telah dilakukan.
  3. Bertekad untuk tidak akan kembali mengulanginya.

Dan jika terkait dengan hak sesame manusia,seperti mengambil barang orang lain,maka syarat ada empat, yaitu tiga hal tersebut diatas dan yang keempat adalah meminta dihalalkan atau dimaafkan dari yang bersangkutan,atau mengganti dengan barang yang diambil atau memberikan kesempatan kepadanya untuk membalas  jika dimungkinkan.wallahu alam. (Asy)



-- Amin Syukroni, Lc