Hubungan Dengan Orangtua

Pernikahan & Keluarga, 4 Oktober 2018

Pertanyaan:

assalamu'alaikum ustadz, saya mempunyai masalah dengan orangtua dimana mereka tidak setuju saya kembali pada suami, yang pernah pergi sekitar 5 bulan tanpa kabar karena sebelumnya kami bertengkar hebat. orangtua kami tidak ingin kami rujuk (tidak ada kata talak dari suami) dan akhirnya kami diam² bersama lagi. saya mau keluar dari rumah orgtua dan bersama suami lagi, memperbaiki komunikasi kami yg buruk. orangtua saya merasa saya hanya akan dimanfaatkan saja karena uang sudah banyak habis oleh suami. usia saya sudah 40 tahun. apakah saya masih perlu ijin orgtua untuk bisa bersama suami? orangtua minta saya bercerai, apa yang harus saya lakukan, bicara baik² pun sudah, tapi orangtua malah kasar "biar sy gorok si..." bagaimana menyelesaikan ini? 

termakasih ustadz



-- Is (Tangerang)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saudara Is yang dirahmati ALLAH SWT.

Semoga badai yang melanda keluarga anda bisa reda karena ketulusan dan tanggaung jawab suami anda benar-benar dirasakan oleh orangtua anda.

Sikap orantua anda harus dihargai sebagai motivasi hubungan anda berdua antar suami istri harus diperbaiki . Terutama suami anda harus memahami rasa tanggung jawab orangtua terhadap anda. Setelah berpisah 5 bulan tanpa khabar, haruslah ada proses dan tahapan yang dilalui kalau ingin bersama lagi.

Anda berdua hendaknya memohan maaf kepada orangtua anda agar mendapat ridlonya. Ridlo orangtua pasti menjadi modal penting perjalanan keluarga anda menuju bahagia.  Terutama suami anda ,bila perlu buat perjanjian bahwa beliau benar-benar bertanggung jawab menjalani kewajibannya sebagai suami.

Buatlah tenang hati orantua anda melepas anda bersamanya. Itu Intinya.

Semoga ALLAH mudah niat baik anda berdua.

WaLLAHU alam

 



-- Selamet Junaidi