Persoalan Mahram

Pernikahan & Keluarga, 8 Oktober 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, apakah saudara satu bapa namun beda ibu termasuk mahram? contoh, ayah saya menikah lagi dengan seorang perempuan, lalu memiliki anak perempuan, apakah anak itu mahram saya atau bukan?



-- Aji Jaya Saputra (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Benar, saudara se-bapak itu adalah mahram

Kemahraman dalam Islam ada yang disebabkan karema nasab ( hubungan kerabat ), sebagaiamana yang Allah firmankan, yang artinya kurang lebih sebagai berikut :

 “Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya dan menjaga kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka.’” (QS. 24:31)

Menurut ahli tafsir, yang haram dinikahi bagi wanita menurut ayat ini adalah:

  1. Ayah (termasuk kategori ayah di sini adalah ayah kandung, kakek baik dari ibu maupun ayah, dan juga ayah-ayah mereka ke atas). Adapun bapak angkat tidak termasuk mahram.
  2. Anak laki-laki (kategori ini meliputi cucu baik dari anak laki-laki maupun anak perempuan).
  3. Saudara laki-laki, baik saudara kandung, maupun saudara sebapak, ataupun saudara seibu saja. Saudara angkat, anak kandung dari bapak atau ibu maka ia juga termasuk mahram.
  4. Keponakan (baik keponakan dari saudara laki-laki maupun perempuan dan anak mereka).
  5. Paman (baik paman dari ibu maupun dari bapak).

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA