Apakah Murtad?

Fiqih Muamalah, 1 November 2018

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Ustad dulu waktu saya mau masuk SMP sekitaran umur12 tahun tapi saya belum mengalami haidh dan seingat saya belum mengalami mimpi basah atau keluar mani. saya sudah mengalami berbagai kejadian yang tidak enak salah satunya orang tua saya hampir bercerai. dan waktu saya masa orientasi sekolah saya kehilangan barang yang tidak sanggup saya beli lagi karena ekonomi keluarga yang sedang semeraut dan saya bergumam atau menggerutu dalam hati saya kalau barang itu gak ketemu saya mengancam keluar dari agama tapi itu entah bisikan atau apa dan waktu itu barang nya ketemu. pertanyaannya, apakah itu murtad ??  

Sedang saya tidak tau atau mengerti bahwa itu murtad dan sampai sekarang saya tetap mengerjakan perintah agama .saya juga suka bersyahadat sebelum mengaji apakah syahadat saya di terima? 

Sekarang saya telah menikah dan punya anak apakah pernikahan saya syah ?

Saat ini saya selalu di hantui rasa takut murtad bahkan selalu di hantui takut pernikahan saya tidak syah dan sering ada bisikan dalam hati yang membuat saya semakin takut murtad .

Mohon solusi nya..



-- Neng Juli (Karawang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Niat anda dalam hati untuk murtad saat kehilangan barang tidak menjatuhkan hukum murtad, karena pada realitasnya anda tetap  menjalankkan perintah agama

Yang oleh karenanya, insyaa Allah semua ibadah yang anda lakukan selama ini tetap sah secara Islam

Dan yang perlu anda lakukan untuk selanjutnya adalah bertaubat kepada Allah dengan berupaya untuk meningkatkan ibadah kepada Allah

Demikian, semoga Allah berkenan untuk senantiasa membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA