Berniat Nikah

Lain-lain, 8 Desember 2018

Pertanyaan:

Saya siswi berumur 18 tahun, dan berniat mau menikah tahun depan. Setelah saya lulus sekolah, saya langsung menikah. Hanya saja saya masih ragu, langkah apa yang harus saya ambil? 



-- Piya (Banten)

Jawaban:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Mbak Piya yang dirahmati ALLAH SWT.

Ketika anda sudah mantab menuju pernikahan kemudian muncul keraguan. Ketahuilah salah satu hambatan yang kadang muncul adalah keraguan. Apalagi menikah adalah amalan baru sama sekali. Keraguan bisa saja muncul dari diri anda dan bisikan syetan. Maka seharusnya munculnya keraguan ini tidak boleh menjadi penghalang.

Ada 4 hal yang harus anda tempuh agar perjalanan suci menuju pernikahan ALLAH mudahkan dan lancar:

1. Berlindung Kepada ALLAH 

 Ibadah lakukan dengan lebih khusyu' , perbanyak zikir memohon perlindungan kepada ALLAH dan perbanyak membaca Al Qur'an.

2. Pegang Alasan Anda Mau Menikah Dengannya.

 Anda mantab menikah dengan calon suami anda karena mungkin dia baik agamanya, bertanggung jawab dan anda yakin bersamanya hidup anda akan bahagia sampai ke Surga.

3. Tetap Jujur pada Kata Hati Anda.

 Pegang teguh niat ikhlas anda menikah dengannya untuk menyempurnakan agama dan melahirkan anak-anak yang sholeh dan sholehah

4.  Dengarkanlah Pengalaman Orang Lain Ketika Akan Menikah

  Dengan tahu suasana dan kondisi hati pasangan suami istri ketika dahulu akan menikah niscaya membuat anda semakin faham ternyata bukan anda saja yang merasakan keraguan ini sehingga anda semakin percaya diri dan siap menjalani jenjang pernikahan ini.

Semoga ALLAH memberi ma'unahNYA agar dimudahkan langkah anda melewati rintangan pernikahan.

WaLLAHU a'lam

 



-- Selamet Junaidi