Saya Ingin Menikah Saat Kuliah

Lain-lain, 28 Februari 2019

Pertanyaan:

assalamualaikum wr wb

saya seorang mahasiswa semester 4, seharusnya saya sudah semester akhir tapi karna ada masalah saya harus mengulang kuliah dan skrg brada di smster 4. saya ingin bertanya bagaimana cara izin ke orangtua untuk menikah disaat kuliah seperti ini??, karna jujur saya takut saya tidak mampu menahan syahwat saya, karna teman" seumuran saya sudah banyak yg menikah, jadi saya ingin menikah bukan hanya semata" karna hawa nafsu tapi inshaallah saya niatkan untuk menyempurnakan setengah dari agama saya dan agar kami bisa bersemengat dalam hijrah dijalan Allah dan agar lebih taat beribadah.  



-- Qary Lukmanul Hakim (Pekanbaru)

Jawaban:

Waalaikumussalam wrwb.

Ananda Qary Lukmanul Hakim yang dirahmati ALLAH SWT.

Keinginan Anda sungguh sangat terpuji untuk menjaga kesucian diri yang sangat tinggi nilainya. Inilah yang diarahkan Oleh RasuluLLAH saw:

عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ لَنَا رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( يَا مَعْشَرَ اَلشَّبَابِ ! مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ اَلْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ , فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ , وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ , وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ; فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Abdullah Ibnu Mas’ud رضي الله عنه berkata: Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda pada kami: “Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.” [Muttafaq Alaihi]

Jadi Anda sebaiknya berpuasa dahulu selama dalam proses menuju pernikahan karena puasa ini bisa mengendalikan nafsu seks. Dan jangan lupa selama berpuasa Anda banyak berdoa karena doa orang yang sedang berpuasa itu diijabah ALLAH SWT.

Anda juga harus oersiapkan mental, pengetahuan tentang hak dan kewajiban dalam rumah tangga dan kemampuan memberi nafkah kepada istri Anda nantinya.

Nah kalau orangtua Anda sudah melihat kesiapan Anda maka jangan-jangan beliaulah yang akan menawarkan agar Anda segera menikah.

WaLLAHU a'lam bishshawaab



-- Selamet Junaidi