Pernikahan

Lain-lain, 11 April 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum pak ustad saya mau bertanya. Saya berbicara kepada istri dengan redaksi kurang lebih seperti ini bagaimana cara mau jual "kaligrafinya sementara  saya tidak disini" dalam berbicara saya tidak disini itu tiba-tiba muncul niat dalam perkataan itu untuk t.... saya tidak disini maksudnya karena besoknya saya mau pulang kampung berhubung istri saya di kota mondok. saya juga mengalami penyakit was-was karena selalu teringat perkara t.... sehingga menjawab permintaan istri untuk ke asrama saja saya takut terbersit niat t.... pertanyaan apakah saya tidak disini itu termasuk kinayah apabila digiatkan ?



-- Moh.Ghzali (Palu)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuh.

Saudara Moh Ghazali yang dirahmati ALLAH SWT.

In syaa ALLAH apa yang Anda alami ini pasti bisa atasi dengan izin ALLAH Yang Maha Perkasa.

Was-was adalah bisikan syeitan, dia berharap dengan bisikan tersebut orang jadi malas melakukan ibadah atau malah justru meninggalkannya. Termasuk semakin bergeser kepada sikap buruk . Ibnu Abbas RA berkata: “ Was-was adalah penyakit orang mukmin.” Yang dari ucapan beliau kita bisa menyimpulkan
2 hal: 
1- Hanya orang mukmin yang bisa terkena penyakit ini, maka jika engkau mulai diganggu dengan bisikan-bisikan tersebut jangan larut dalam kesedihan apalagi putus asa. Justru bolehlah sedikit berbangga sebab artinya engkau adalah seorang mukmin. Karena tentunya orang yang tidak ada iman di hatinya tidak akan peduli terhadap keabsahan ibadah apalagi kesempurnaannya.

2- Was-was itu penyakitdan selayak penyakit apapun bentuknya ia harus diobati, betul bahwa ia adalah tanda keimanan tapi membiarkannya merusak ibadahmu menjadikan keimananmu tidak meningkat-meningkat akhirnya. Bagaimana mengobatinya? Allah SWT berfirman dalam surat An-Nas "Katakanlahaku berlindung kepada Tuhannya manusia (1) Penciptamanusia (2) Pemelihara manusia (3)Dari kejahatan bisikan syeitan yang suka bersembunyi (4) Dia berbisik dalam dada manusia (5) Dari golongan jin dan manusia (6)" Dari ayat di atas kita bisa menyimpulkan bahwa was-was itu sumbernya dari syeitan dan Iman Ghozali dalam minhajnya mengatakan beberapa teori untuk menghadapi kejahatan syeitan:
A- Lawan, jangan dengarkan apalagi ikuti.  
B- Mohonlah perlindungan kepada Allah dari godaan syeitan. Sebab hanya Dialah sumber kekuatan kita, dan tatkala hati kita mengingatNya itu adalah senjata terbesar untuk kita mengalahkan musuh manapun.
Nabi Muhammad SAW mengatakan tentang tafsir dari surat An-Nas ayat 4
(Dari kejahatan bisikan syeitan yang suka bersembunyi):
" Syeitan bersembunyi tatkala seseorang mengingat Allah SWT dan dia akan menguasai tatkala orang tersebut lupa kepada Allah SWT " Maka setiap was-was itu datang konsentrasikan pikiran Anda  mengingat Allah dan mohonlah agar Dia menjaga Anda dari godaan syeitan. Kemudian lihatlah bahwa bisikan- bisikan itu akan berkurang dan lenyap, jika tiga hal di atas Anda amalkan atas izin ALLAH SWT. 

Semoga ALLAH SWT selalu melindungi Anda.
 
Wallohu a'lam bis showab.



-- Selamet Junaidi