Menuju Pernikahan

Lain-lain, 16 April 2019

Pertanyaan:

Assalamuallaikum wr.wb

Saya memiliki calon suami, kami awalnya berencana ingin menikah bulan april 2019 tetapi di tengah perjalanan kami diuji bahwa si calon belum mendapatkan pekerjaan dan uang tabungan belum ada,  orang tua saya sedikit kecewa akan pembatalan tersebut dan sekarang dia ingin menemui orang tua saya untuk minta keringanan akan pelaksanaan pernikahan kami di undur bulan agustus,  guna sambil mengumpulkan uang dan dapat pekerjaan. Pertanyaanya apakah saya boleh memberinya waktu lagi atau memutuskan hubungan saya dengan dia..  Dikarenakan awalnya dia telah membatalkan perjanjian dgn ortu saya sebelumnya..  Saya takut untuk bulan berikutnya akan terjadi hal seperti ini..  Tapi di lain hal saya masih menyayanginya..  



-- Dewi Santia (Ketapang)

Jawaban:

Waalaumussalaam warahmatuLLahi wabarokaatuh

Saudari Dewi santia yang dirahmati ALLAH SWT.

Pernikahan terbaik itu tentunya dilaksanakan pada saat yang tepat. Saat ketika kedua calon mempelai sudah siap dengan kematangan lahir dan batin dengan memahami kewajiban dan hak sebagai suami dan istri. Termasuk kewajiban nafkah bagi suami dengan persiapan pinansial dan pekerjaan yang sudah jelas.

Maka ketika mendekati hari H, ternyata belum terpenuhi persiapannya maka boleh boleh saja di rencanakan ulang untuk yang terbaik. Meskipun sudah dibatalkan gara-gara belum ada kesiapan. Mau direncanakan ulang, tergantung kesiapan dan keridaan kedua belah pihak.

Semoga ALLAH SWT memberikan kemudahan dan kelapangan agar niat terpuji Anda terwujud menjadi keluarga sakinah.

WaLLAHU a'lam bishshawaab.



-- Selamet Junaidi