Bagaimana Jika Suami Selalu Mengandalkan Istri Dalam Urusan Keuangan Sedangkan Istri Tidak Bekerja

Lain-lain, 17 April 2019

Pertanyaan:

Asalamualaikum pak ustadz

Nama saya sonya saya seorang ibu rumah tangga

Pak ustad apakah boleh jika suami terus terusan mengandalkan istri dalam masalah keuangan sedangkan suami sehat masih bisa bekerja

Apakah hukumnya jika suami tidak memberi nafkah kepada istri

Apakah pernikahan saya sah setelah suami berkali kali mengucapkan kata cerai 

 



-- Sonya Stevana (Garut)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatulloh wabarokaatuh

Bu Sonya Stevana yang dirahmati ALLAH SWT.

Suami itu wajib memberi nafkah kepada istrinya. Dia berdosa bila tidak memenuhinya kecuali dia uzur sebagaimana firman ALLAH SWT:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka,” (QS. An-Nisa: 34)

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

 “Dan mereka (para istri) mempunyai hak diberi rezeki dan pakaian (nafkah) yang diwajibkan atas kamu sekalian (wahai para suami),” (HR. Muslim: 2137).
 
Jika suami belum bisa memberi nafkah karena uzur maka istri ada peluang untuk membantu suami bila mampu tetapi ini bukan kewajiban.
 
Adalapun masalah suami Anda yang berkali kali mengucap cerai.  Jika dia melakukannya sampai 3 kali saja maka Anda berdua tidak boleh rujuk lagi dengannya.
Anda boleh rujuk dengan mantan suami bila Anda sudah menikah dengan orang lain.
Jika secara normal anda bercerai dengan suami kedua maka baru Anda boleh menikah dengan mantan suami pertama itupun kalau Anda berdua rida melakukannya.
 
Semoga Anda sekeluarga diberi jalan keluar terbaik oleh ALLAH SWT.
 
WaLLAHU a' lam bishshowaab

 



-- Selamet Junaidi