Konsultasi Perkejaan

Lain-lain, 26 April 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim 

Ustadz ana punya teman akhwat dia baru lulus smk jaringan komputer awalnya dia ingin meneruskan hingga kuliah tapi setelah sering ikut kajian salaf dia jadi ingin mengejar kekurangan ilmu agamanya.

ia juga ingin Istiqomah bercandar tapi orang tua nya ingin dia berkerja karena kondisi keluarganya jadi tidak memungkinkan untuk kuliah. 

Jadi ustadz apa yang harus dilakukan teman ana karena dia ingin berkerja tapi tidak mau bercampur baur antar Ikhwan dan juga menuntut ilmu tapi dikarenakan bercadar mungkin sulit dan juga ia masih baru belajar ilmu syar'i ?



-- Lisa Budi Martono (Depok)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakatuh

Sungguh mulia keinginan beliau, mendalami agama dan bekerja di tempat ang pantas dan layal sesuai syar'i.

Dia harus bertawakkal kepada ALLAH SWT dengan sungguh-sungguh tanpa keraguan maka ALLAH menjamin dalam firman-NYA:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. ( QS. Al Angkabut 69 )

Namun dia harus bersabar dan lapang dada karena dalam prosesnya terkadang yang didapatkan belum sempurna terutama masalah pekerjaan.

Yang terpenting lagi jagalah bakti kepada orangtua karena hal itu akan menjadi kekuatan dahsyat yang ikut andil mudahnya terwujud cita seseorang. Jika keinginannya kuat untuk menyempurnakan  Islamnya maka dia juga semakin berbakti kepada orangtuanya. Sebagaimana firman ALLAH SWT.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. ( QS. Al Israa 23 ).

 

WaLLAHU a'lam bishshawab.

 

 



-- Selamet Junaidi