Panggilan Suami Ke Istri

Lain-lain, 25 Mei 2019

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum, Suami saya seorang yang kurang dekat dengan ibunya, sejak kecil dia tinggal bersama neneknya. Dan ibunya tinggal bersama adik-adik tirinya di kota, setiap kali suami saya meminta batuan ke ibunya, ibunya selalu menolak dengan berbagai alasan, dan ketika ibunya meminta bantuannya dia pasti akan menjawab "iya, ndoro ratu." seperti itu.

Beberapa waktu lalu saat saya meminta dia untuk melakukan sesuatu, dia menjawab "iya, ndoro ratu." lalu saya marah dan bilang "jangan samakan aku dengan ibumu, aku tidak suka."

Yang ingin saya tanyakan, apakah boleh memanggil istri seperti itu?.



-- Faridha Lilik (Surabaya)

Jawaban:

Waalaium salaam warahmatuLLAHUi wabarakaatuh

Bu Faridha Lilik yang dirahmati ALLAH SWT.

Panggilan ndoro ratu adalah panggilan untuk kaum bangsawan, sebuah panggilan penghormatan. Suami Anda sebagai anak yang baik ingin memberikan penghormatan kepada ibunya meskipun beliau hubungannya kurang dekat. Sungguh suami Anda suami yang baik hati in syaa ALLAH.

Apalagi penghormatan itu diberikan juga kepada Anda. Maaf seharusnya Anda tidak perlu marah karena ini sebuah penghormatan yang sama yang diberikan kepada kepada bundanya. Bukan menyamakan Anda dengan ibunya tetapi penghormatannnya yang sama.

Jadi boleh-boleh saja panggilan tersebut seperti panggilan ; wahai permaisuriku, wahai bidadariku, belahan jiwaku dan lain-lain.

Memberikan panggilan yang indah atau terhormat kepada suami atau istri adalah salah satu cari untuk memunculkan suasana romantis.

Sebaiknya Anda beri balasan kepada suami Anda panggilannya tersebut. In syaa ALLAH suasana akan lebih romantis. Selamat mencoba.

Semoga keluarga Anda bertambah-tambah bahagia.

WaLLAHU a'lam bishshawaab

  



-- Selamet Junaidi