Prahara Rumah Tangga

Lain-lain, 2 Juni 2019

Pertanyaan:

assalamualikum ustadz.,saya suami sudah menikah selama 14 tahun dikarunai 3 orng anak..yg besar 13tahun. no 2 10 tahun dan yang kecil 8 tahun..kondisi ekonomi saya suami istri sedang menurun akibat kena phk. istri saya terlalu dominan. sudah sering saya ingatkan tetapi sering berulangkali membuat saya emosi akibat kurang patuh. contohnya dalam hal bangun pagi. menyiapkan makan serta kebutuhan anak anak. istri saya suka sekali tidak bisa masak. hal ini jdi masalah terkadang klo semuanya harus dibeli dengan uang. yg saya mau tanyakan istri sudah 3 x marah marah lalu pergi ke rumah kakaknya setelah itu saya jemput. dan terakhir saya kesal akhirnya saya usir dri rumah. apa yang harus saya lakukan. terima kasih



-- Budi (Serang)

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatuLLAHI wabarakaatuh

Pak Budi yang dirahamati ALLAH SWT.

Nampaknya dalam mengarungi bahtera rumah tangga selama 14 tahun, Anda cukup shabar walaupun istri Anda belum bisa masak. Sampai pada episode terakhir istri marah-marah dan pergi meninggalkan rumah tiga kali. Maa syaa ALLAH Anda jemput beliau. Semoga sikap indah ini bisa dipertahankan.

Tapi akhirnya meledak juga, Anda mengusir istri dari rumah. Nah sebaiknya Anda jemput lagi beliau. Karena ketika istri pergi meninggalkan rumah dalam keadaan marah-marah dan ini terjadi tiga kali, Anda menjemputnya. Namun sekarang Anda yang marah dan mengusirnya maka lebih mungkin Anda menjemputnya.

Setelah itu duduklah dengan mesra dan tanya beliau apa sebenarnya yang membuatnya marah-marah sampai meninggalkan rumah?

Nah dari jawabannya ini jadikanlah sebagai tantangan yang harus harus dihadapi bersama karena rumah tangga itu tempat untuk:

a. Saling menjaga bukan saling menjegal

b. Saling berbagi bukan saling menggigit

c. Saling memikul beban bukan saling membebani

d. Saling menutup aib bukan saling buka aib

e. Saling merangkul bukan saling memukui

f. Dan lain - lain.

Ini yang digambarkan oleh  ALLAH SWT dalam firman-NYA:

 …هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ…

…Mereka (para istri) adalah pakaian bagi kalian (para suami), dan kalian adalah pakaian bagi mereka…(Q.S al-Baqoroh ayat 187)

 

Semoga dengan keshabaran Anda ALLAH mudahkan urusan Ana sekeluargga.

WaLLAHU a'lam bishshawaab

 



-- Selamet Junaidi