Suami Sering Mengungkit Masa Lalu Yang Buruk

Lain-lain, 2 Juni 2019

Pertanyaan:

Assalamualaikum..
Sebelumnya perkenalkan, sy adalah seorang mualaf sejak april'18 dan sudah menikah secara syariat Islam pada desember'18. Sy adalah istri ke-4 suami. Saat ini suami sdg tahap mengurus perceraian dgn istri ke-2. Talak sudah sejak desember'17. Istri ke-1 sudah cerai lama sekali (lebih dr 15th). Istri ke-3 sudah cerai sekitar 4 tahun.
Sebelum menjadi mualaf hidup sy penuh kemaksiatan, salah 1-nya adalah LGBT & itu yg sering kali diungkit2 oleh suami. Baik saat kondisi sdg baik2 ja, tb2 Dy seperti korslet membahas hal itu, ataupun saat kami sdg berselisih.
Saat kami Masi pacaran suami sudah tau latar belakang sy demikian. Bahkan da bbrp kali Dy sk cerita kl salah 1 keinginannya adalah punya istri LGBT karena ingin memenuhi fantasinya. Tp sy sering kali timpali bahwa sy mw pacaran & nikah dgn Dy ntk hidup lebih baik, seperti yg selalu Dy bilang, ingin kembali ke jalan yg benar di sisa umur.
Sejak pacaran sy sudah meninggalkan semua hal2 buruk tsb. Bbrp bulan menjelang pernikahan sy jg sudah berusaha membuang semua yg berhubungan dgn itu (medsos, photo2 di laptop/HP, dsb).
Hati sy selalu sakit kl Dy mulai ungkit2 itu. Sy selalu menekankan bahwa sy sudah tidak mau mengingat2/membahas masa lalu karena skrg sy sudah mualaf, sy sudah tidak hidup di masa jahiliah itu. Tp selalu menjadi berkeoanjangan & kami jadi ribut besar.
Mohon arahannya, bagaimana untuk diri sy pribadi menyikapi hal tsb. Kl ttg suami, sy sudah pasrah saja karena mmg tabiatnya seperti itu.
Sebelum & sesudahnya sy sampaikan banyak terima kasih..



-- Jeanne Patricia (Tangerang Selatan)

Jawaban:

Wa'alaikumsalam warahmatuLLAHI wabarakaatuh Saudari kami Jeane Patricia, Anda benar-benar mendapatkan anugrahkan agung dari ALLAH. Mendapat hindayah NYA dan terlepas dari LGBT dan KESHABARAN menghadapi ulah suami Anda padahal Anda baru saja menjalani Islam.

Maa syaa ALLAH. Hibur diri Anda dengan tiga hal di atas . Selamat untukmu saudari kami. Kuatkan kesabaranmu  sebagaimana sabda RasuluLLAH saw:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin, yaitu jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Jika ia mendapatkan kesusahan ia bersabar maka itu kebaikan baginya, ( HR,, Ahmad ) ,

 

Kuatkan terus kesabaran Anda sebagaimana doa dala Al Qur'an : 

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ 

 

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)“ ( QS. Al A’raf 126 )

Semoga Anda sekeluarga selalu dalam ma'unah dan rahmat NYA.

WaLLAHU a'lam bishshawaab



-- Selamet Junaidi